Dikabarkan Setop, Bandara Soedirman Rilis Jadwal Penerbangan Jakarta-Purbalingga-Surabaya

Maskapai Citilink - pinterpoin.com

PURBALINGGA – Setelah ramai dikabarkan tidak melayani penerbangan untuk sementara waktu, Bandara Jenderal Soedirman langsung merilis jadwal maskapai Citilink yang melayani rute Jakarta-Purbalingga-Surabaya PP untuk bulan November 2021 lewat akun Instagram resminya. Jadwal tersebut seolah menampik rumor bahwa bandara yang diresmikan pada Juni 2021 itu berhenti beroperasi.

Menurut akun Instagram resminya, penerbangan relasi Jakarta-Purbalingga-Surabaya dibuka setiap hari Kamis dan Sabtu. Untuk rute Surabaya-Purbalingga, terbang pada pukul 09.30 WIB dari Bandara Internasional Juanda, dilanjutkan penerbangan Purbalingga-Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma) pada pukul 11.50 WIB. Untuk rute sebaliknya, penerbangan Jakarta-Purbalingga dijadwalkan pukul 13.40 WIB, dilanjutkan penerbangan Purbalingga-Surabaya pada pukul 15.15 WIB.

Sebelumnya, memang santer dikabarkan bahwa Citilink terpaksa menghentikan penerbangan rute Jakarta-Purbalingga-Surabaya PP untuk sementara waktu. Menurut Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, dilansir dari Tempo, keputusan tersebut harus dilakukan karena tingkat keterisian penumpang sangat rendah sepanjang bulan Oktober 2021.

Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, juga membenarkan bahwa Citilink sudah tidak lagi melayani penerbangan. Dalam akun Facebook pribadinya, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Agus menulis bahwa dirinya mau booking tiket untuk minggu depan, ternyata sudah tidak ada penerbangan. Ia pun mengonfirmasi hal tersebut ke Citilink, dan ternyata memang sudah setop terbang. “Semoga nasibnya tidak seperti Bandara Kertajati,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, membantah bahwa maskapai Citilink berhenti melayani penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga. Hingga saat ini, menurutnya, Citilink masih bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II, meskipun dirinya juga tidak menampik bahwa antusiasme masyarakat menggunakan pesawat menurun akibat dampak pandemi Covid-19.

“Aturan penerbangan saat ini sangat ketat, sehingga mungkin antusiasme masyarakat menjadi berkurang dan lebih prefer ke transportasi darat, sehingga ada penurunan animo masyarakat terkait penerbangan,” katanya, dikutip dari Tribun Banyumas. “Kami ingin terus beroperasi dan melayani rakyat. Kami akan support, semacam setiap minggu ada booking seat dari Pemkab Purbalingga, sampai kondisi masyarakat kembali sedia kala.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*