Dukung PON Papua, Angkasa Pura I Promo di 15 Bandara

Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I - www.liputan6.com
Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I - www.liputan6.com

JAYAPURA – Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX bakal berlangsung di Papua mulai tanggal 2 Oktober 2021 mendatang. Nah, sebagai bentuk dukungan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut, PT Angkasa Pura I mempercantik tampilan Bandara Sentani di Jayapura selaku kota penyelenggara. Selain itu, perseroan juga mempromosikan PON di 15 bandara yang mereka kelola.

“Pembenahan dilakukan untuk mempercantik bandara sekaligus melengkapi berbagai sarana dan prasarana pendukung, termasuk perpanjangan landasan,” terang Humas Bandara Sentani, Surya Eka, dikutip dari Antara. “Pekerjaan mempercantik bandara atau beautifikasi tersebut ditargetkan dapat selesai pada akhir September 2021.”

Beautifikasi terminal dilakukan dengan merenovasi interior seperti di area keberangkatan, check-in, kedatangan, toilet dengan mengadopsi kearifan lokal dan motif ukir khas Sentani, serta terminal penumpang. Selain itu, dilakukan pelapisan landasan pacu (overlay runway), dilakukan untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat dengan mulus.

Dijelaskan Surya, Bandara Sentani saat ini memiliki landasan pacu berdimensi 3.000 m x 45 m, dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), delapan parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil baling-baling (propeller). Sementara, pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini adalah Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, menuturkan bahwa pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan PON ke-XX di Papua pada tahun ini. Hal tersebut dilakukan melalui beautifikasi terminal penumpang Bandara Sentani Jayapura dan promosi di 15 bandara kelolaan perusahaan. Angkasa Pura I juga menyediakan area khusus eksibisi bagi kegiatan branding dan promosi PON XX Papua di tiga bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bandara Sentani, dan Bandara Sultan Hasanuddin.

Untuk menghadirkan semarak PON, di tiga bandara tersebut telah dibuat instalasi booth, branding gate keberangkatan dan kedatangan, dan wall branding hall di area keberangkatan dan kedatangan. Selain melalui media luar ruang di seluruh bandara Angkasa Pura I, promosi PON XX Papua juga dilakukan di media komunikasi perusahaan seperti situs web dan media sosial Angkasa Pura I.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*