Antisipasi Varian Mu, Kedatangan Luar Negeri Dibatasi dari Dua Bandara Saja

Turis Asing Bandara Juanda - kominfo.jatimprov.go.id

JAKARTA/SURABAYA – Berkaca dari pengalaman masuknya Covid-19 varian Delta, pemerintah Indonesia saat ini melakukan antisipasi untuk mencegah virus corona varian Mu. Salah satu langkah yang dilakukan adalah membatasi kunjungan dari luar negeri yang saat ini hanya melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng dan Bandara Sam Ratulangi di Manado.

“Selama ini Satgas Covid-19 sudah melakukan pelaksanaan pembatasan pencegahan kedatangan WNA dan WNI, khususnya PMI (Pekerja Migran Indonesia) di lima tempat pemeriksaan bandara, empat tempat pemeriksaan imigrasi laut, dan juga 11 perbatasan daerah,” papar Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito. “Kami tengah menyiapkan strategi terbaru untuk mencegah masuknya imported case, khususnya bagi WNA maupun WNI yang masuk ke Indonesia.”

Berdasarkan hasil rapat tingkat menteri dengan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, nantinya ada perubahan aturan pemeriksaan masuknya WNA yang hanya diperbolehkan masuk lewat Bandara Soekarno-Hatta dan Sam Ratulangi. Selain itu, Ganip menuturkan, pemeriksaan di beberapa pelabuhan dan titik Pos Lintas Batas Negara (PLBN) juga akan ditambahkan dan diperketat.

Lalu, bagaimana dengan bandara yang lain, Bandara Internasional Juanda misalnya? Menurut keterangan Humas PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro, pihaknya tetap melakukan antisipasi, terlebih ketika Pekerja Migran Indonesia (PMI) banyak yang pulang ke Indonesia. “Kami masih melakukan koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terkait perkembangan Covid-19 Mu dan teknis antisipasinya,” ujar Yuristo.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan bahwa PMI asal 26 provinsi sudah mulai berdatangan dari luar negeri tempat mereka bekerja, termasuk PMI asal Jatim. Karena itu, pihaknya melakukan screening dan testing secara ketat untuk menyambut kepulangan para PMI tersebut. Tak hanya itu, pihaknya pun menyiapkan tempat karantina dan isolasi bagi PMI begitu tiba di Jatim, salah satunya di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

Menurut keterangan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, saat ini Indonesia sedang mengantisipasi masuknya tiga varian baru Covid-19, yakni Lambda, Mu, dan C.12. Ketiga varian tersebut dikatakan memiliki kemampuan menghindari sistem imun manusia. Varian Mu dan Lambda masuk kategori varian of interest dan sudah ditemukan di 49 negara, sedangkan varian Lambda ditemukan di 42 negara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*