Jakarta – Tak hanya PT Angkasa Pura II, saat ini PT Angkasa Pura (AP) I juga sudah menerapkan jarak sosial atau social distancing di area pelayanan publik yang terdapat di 15 bandara pengelolaannya, termasuk di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Konsep social distancing yang diterapkan adalah dengan mengatur jarak minimal 1 meter antar penumpang di area pelayanan publik dengan menempelkan stiker panduan jarak.

“Upaya ini merupakan upaya lanjutan Angkasa Pura I dalam menerapkan konsep social distancing di area pelayanan publik untuk meminimalisir potensi penularan COVID-19 di area publik,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi di Jakarta, Rabu (18/3), seperti dilansir Antara.

Program tersebut dilaksanakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo melalui pidatonya terkait penanganan penyebaran dan dampak virus corona pada Minggu (15/3), Surat Edaran Menteri BUMN terkait penanggulangan penyebaran Covid-19, dan Surat Edaran Direktur Utama Nomor: ED. 15 /KP.10.43.2020/DU tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) di Lingkungan PT Angkasa Pura I (Persero).

Stiker panduan jarak aman 1 meter ini ditempelkan di area pemeriksaan ketika masuk ke area check in, tiap security check poin, antrean masuk lift. Selain itu juga ditempelkan di tempat pemeriksaan boarding pass, antrean di fix bridge dan garbarata, antrean pengambilan bagasi, dan antrean taksi. Setiap lift yang ada di bandara pun diberi label stiker maksimal kapasitas dengan posisi hadap penumpang.

Jarak duduk antar penumpang di area boarding lounge juga ikut diatur dengan posisi kursi yang menghadap ke satu arah dan tiap orang tidak diperkenankan duduk bersebelahan, melainkan tiap satu kursi dikosongkan. Hal ini telah dilakukan dengan pemberian label stiker petunjuk atau panduan.

“Kami imbau penumpang dan calon penumpang bandara agar dapat disiplin mengikuti imbauan ini agar dapat meminimalisir potensi penularan Virus Corona dan menjaga kenyamanan publik di tengah kondisi pandemi seperti ini,” ungkap Faik.

AP I menerapkan social distancing di 15 bandar udara pengelolaannya, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *