Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) mulai menerapkan sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Langkah ini diambil untuk melindungi kesehatan para karyawan dan mencegah penyebaran virus corona. Kebijakan tersebut diberlakukan untuk seluruh karyawan di Kantor Pusat Jakarta, 15 kantor cabang bandara untuk pegawai administrasi, dan karyawan 5 anak perusahaan mulai 17 Maret 2020 sampai pemberitahuan lebih lanjut.

“Upaya ini merupakan komitmen kami untuk melindungi dan memprioritaskan kesehatan dan keamanan seluruh Insan Angkasa Pura I dari ancaman penularan COVID-19 serta melaksanakan himbauan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menerapkan konsep social distancing,” kata Faik, Selasa (17/3), seperti dilansir Kumparan.

Untuk mendukung sistem kerja dari rumah ini, PT AP I dibekali platform kerja digital melalui Office Collaboration Platform (OCP) yang berperan penting untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja pada era digital. AP I pun mempunyai SAP (System Application and Processing) yang mampu memonitor administrasi, bisnis, dan keuangan perusahaan.

“Selain itu kami juga telah memiliki aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) hingga seluruh Insan Angkasa Pura I dapat bekerja dari rumah pada situasi seperti saat ini,” jelas Faik. Mekanisme kerja dari rumah dilaksanakan secara bergantian di antara 2 kelompok kerja. Kebijakan WFH secara penuh tanpa bergantian diberikan pada pegawai yang usianya di atas 50 tahun.

“Secara umum seluruh insan Angkasa Pura I yang bekerja WFH telah diberikan fasilitas yang memungkinkan untuk bekerja secara remote dengan nyaman, efisien dan tidak mengurangi produktivitas seperti bekerja di kantor,” tutur Faik.

AP I hingga kini telah mengelola 15 bandar udara di Indonesia, meliputi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Selain itu, AP I juga memiliki 5 anak perusahaan, yakni PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *