Sempat Tertunda, Begini Progres Tender Bandara Kuwait oleh Angkasa Pura I

Faik Fahmi, Direktur Utama Angkasa Pura I - bisnis.tempo.co

Jakarta – Selain mengelola bandar udara yang ada di Indonesia, PT Angkasa Pura I (Persero) juga sedang melakukan penyesuaian atas eksekusi tender Terminal 4 Bandara Kuwait bersama mitra strategis, Incheon International Airport Corporation (IIAC).

Sampai saat ini, pihak AP I masih melakukan koordinasi dengan mitra strategisnya untuk berpartisipasi dalam tender proyek Terminal 4 Bandara Kuwait pada tahun 2021 ini. Pasalnya, kondisi pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda seluruh dunia juga memengaruhi bisnis penerbangan yang mengalami penurunan drastis.

Angkasa Pura I bersama IIAC berkomitmen untuk tetap mengikuti tender walaupun harus melakukan berbagai penyesuaian terhadap tenggat waktu. “Kami masih melanjutkan tender untuk bandara di Kuwait tetapi eksekusinya dilakukan penyesuaian karena kondisi Covid-19. Sejauh kami dengan IIAC sangat konstruktif hubungannya, termasuk konsorsium Batam,” ujar VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan, Rabu (20/1), seperti dilansir Bisnis.

“Kerjasama ini merupakan salah satu strategi perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya sekaligus menegaskan komitmen AP I untuk memperluas jaringan pengelolaan bandara di Indonesia serta dapat berperan di kancah internasional,” imbuh Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Untuk Bandara Kuwait, AP I rencananya bakal mengirimkan tenaga ahli yang dimiliki pada periode 2021-2023. “Jadi ada SDM AP 1 yang mengoperasikan bandara di Kuwait. Ini suatu terobosan baru. Biasanya dibantu bandara lain sekarang kita yang membantu,” jelas Faik. Adapun untuk Bandara Kuwait, AP I rencananya memperoleh hak kelola safety dan security.

Kuwait sendiri merupakan salah satu tahapan pertama, AP I akan terbuka dengan pengembangan bandara lain seperti bandara bersama di Saudi Arabia dan Filipina. Jadi, ke depannya akan ada banyak kerja sama yang terjalin antara Angkasa Pura I dengan Incheon.

Lebih lanjut Handy menjelaskan, dalam RKAP 2021 Angkasa Pura I sudah mencanangkan sejumlah program strategis seperti pengelolaan Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Dhoho Kediri. Khusus Bandara Hang Nadim, Angkasa Pura I sudah resmi menyerahkan Dokumen Penawaran Administrasi dan Teknis. Hingga kini proses tender masih berlangsung dan AP I optimis bakal memenangkan tender tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*