SURABAYA – Menjelang tutup tahun 2019, PT Angkasa Pura I kembali mengundang perusahaan, baik yang berskala nasional maupun internasional, untuk menjadi mitra usaha di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda. Seleksi komersial tahap ketiga ini sudah dibuka sejak tanggal 21 Oktober lalu hingga tanggal 1 November 2019.

“PT Angkasa Pura I mengundang perusahaan nasional dan internasional untuk mengikuti seleksi komersial untuk Ruang Komersial Terminal 1 (Tahap III) Bandara Internasional Juanda,” tulis perusahaan dalam situs resminya. “Pelaksanaan seleksi komersial ini terbagi atas 4 (empat) jenis kategori usaha, yaitu F&B, retail, services, dan lounge.”

Seperti disampaikan di atas, pengumuman seleksi dan tanya jawab RFQ dilakukan sejak tanggal 21 Oktober hingga 1 November 2019. Sementara, jadwal untuk tahapan evaluasi dokumen kualifikasi, pembayaran biaya dan penerbitan RFP, site visit dan penjelasan berusaha, tanya jawab RFP, batas penyampaian dokumen penawaran, presentasi konsep bisnis, klarifikasi & negosiasi, serta penetapan pemenang, akan diumumkan kemudian. 

Untuk usaha F&B, ada 9 paket yang disediakan PT Angkasa Pura I, yang mencakup coffee shop, Japanese food, dan fast food. Untuk usaha retail, ada dua paket yang disediakan, untuk Chinese food, Indonesian food, dan bakery & beverage. Sementara, untuk usaha services, disediakan paket untuk grab & go, fashion, serta book, kids & coffee. Terakhir, usaha lounge menawarkan satu paket, yakni CIP lounge, massage & reflexology, dan ATM center.

Calon mitra usaha yang berminat mengikut seleksi tersebut harus melengkapi sejumlah persyaratan seperti mengirimkan Akta Pendirian Perusahaan, tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari Kantor Dinas Perindustrian & Perdagangan yang masih berlaku, hingga Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sesuai dengan bidang usahanya.

Bandara Internasional Juanda sendiri adalah bandar udara terbesar kedua dari segi trafik penumpang pesawat dari 13 bandara yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I, setelah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. “Angka 20 jutaan penumpang setiap tahunnya di Bandara Juanda ini merupakan pasar potensial bagi para pemilik bisnis ritel,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I, Devy Suradji.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *