Sambut Libur Nataru, AP I Siapkan Posko Terpadu di 15 Bandara

Faik Fahmi, Direktur Utama AP I - marketeers.com
Faik Fahmi, Direktur Utama AP I - marketeers.com

JAKARTA – Dalam rangka memastikan penerapan protokol kesehatan seiring masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, PT Angkasa Pura I menyiapkan Posko Terpadu Angkatan Udara di 15 bandara yang mereka kelola, termasuk Bandara Internasional Juanda. Posko ini rencananya akan beroperasi selama 18 hari dan akan mulai dibuka pada tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Angkasa Pura I memastikan penerapan protokol kesehatan dengan ketat pada masa libur Natal dan Tahun Baru nanti,” tandas Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dilansir Medcom. “Bentuk upaya penerapan protokol kesehatan yang ketat di area bandara pada masa libur akhir tahun, yaitu patroli petugas untuk memantau penerapan jaga jarak minimal dua meter pada area check-in counter, security checkpoint, imigrasi, boarding lounge, garbarata, area baggage claim, serta area tunggu transportasi publik.”

Menurutnya, walaupun terdapat pengurangan jumlah hari libur akhir 2020 sesuai dengan keputusan pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN RB, tetapi tetap terdapat potensi peningkatan trafik penumpang. Adanya potensi lonjakan penumpang tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait melalui Posko Monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020-2021.

Seperti diberitakan sebelumnya, trafik penumpang pesawat terbang yang dilayani di 15 bandara kelolaan PT Angkasa Pura I mengalami kenaikan yang signifikan sepanjang November 2020 kemarin. Penumpang pesawat tercatat baik 29,1 persen menjadi 2,80 juta orang dibandingkan bulan Oktober 2020 sebelumnya yang sebanyak 2,17 juta orang.

Trafik penumpang tertinggi pada bulan November 2020 ada di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar sebanyak 688.212 penumpang. Disusul Bandara Juanda Surabaya dengan trafik sebesar 557.947 penumpang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebesar 351.268 penumpang. Total trafik penumpang di 15 bandara selama periode bulan Januari-November 2020 sebesar 29,08 juta penumpang.

“Trafik penerbangan terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Hal ini menunjukkan semakin pulihnya tingkat kepercayaan diri masyarakat untuk menggunakan transportasi udara,” sambung Faik. “Namun, kami senantiasa mengimbau masyarakat yang melakukan menggunakan transportasi udara untuk mematuhi protokol kesehatan secara konsisten demi kebaikan bersama, baik pada tahap pra maupun usai perjalanan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*