Bandara YIA Beroperasi Penuh, Adisutjipto Tetap Layani Rute Surabaya

Bandara Internasional Yogyakarta - www.liputan6.com
Bandara Internasional Yogyakarta - www.liputan6.com

YOGYAKARTA/SURABAYA – Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport atau YIA) resmi beroperasi secara penuh mulai Minggu (29/3) kemarin. Meski sejumlah rute domestik sudah dipindahkan ke pelabuhan udara tersebut, tetapi masih ada perjalanan yang dilayani dari Bandara Adisutjipto, termasuk menuju Surabaya via Bandara Internasional Juanda.

Pada hari pertama pengoperasian penuh YIA berjalan lancar, dengan penerbangan pertama dilakukan Batik Air ID 6371 pukul 06.10 WIB tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Sementara, jadwal kedatangan pertama adalah pesawat milik Lion Air JT 544 pukul 06.05 WIB yang bertolak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sayangnya, karena wabah virus corona terus meluas, sebanyak 53 jadwal penerbangan terpaksa dibatalkan atau cancel flight dari pihak maskapai, sehingga jumlah penerbangan yang tersisa adalah 115 rute domestik. Sementara itu, untuk rute penerbangan internasional, memang ada penghentian operasional sementara hingga tanggal 11 Mei 2020 mendatang sebagai upaya menangkal virus corona.

“Dengan beroperasi penuhnya YIA, terdapat 130 jadwal penerbangan domestik dan delapan jadwal penerbangan internasional Bandara Adisutjipto yang dipindahkan operasionalnya,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dilansir Antara. “Sehingga, total terdapat 168 penerbangan yang beroperasi di YIA.”

Meski sejumlah penerbangan sudah dipindahkan, namun Bandara Adisutjipto masih melayani penerbangan domestik untuk pesawat baling-baling menjadi total 59 penerbangan dari 29 penerbangan sebelumnya. Sebanyak 19 penerbangan untuk rute Bandung PP (Citilink, Wings Air, NAM Air, Trans Nusa), 10 penerbangan rute Bandara Halim Perdanakusuma (Citilink), 4 penerbangan rute Malang (Citilink dan Trans Nusa), serta 26 penerbangan rute Surabaya (Wings Air, Citilink, dan Trans Nusa).

Waktu operasional Bandara Adisujipto juga akan mengalami perubahan dari semula pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB menjadi pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB. Bandara ini pun hanya akan melayani penerbangan Komersil Berjadwal dan Tidak Berjadwal Dalam Negeri untuk Pesawat Jenis Propeller, Non-Komersil (Charter) Dalam Negeri, serta Non-Komersil (Charter) Luar Negeri (VIP dan VVIP).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*