Sidoarjo – Seiring dengan bertambahnya jumlah jemaah calon haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci tahun 2019, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pun berupaya untuk mempermudah proses pengurusan keimigrasian pada para jemaah haji dengan menambah kru di 13 embarkasi Indonesia.

Pihak imigrasi menambah personel di asrama haji dan bandara tempat keberangkatan haji. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Cucu Koswala ketika meninjau langsung pemberangkatan haji kloter 81 Embarkasi Surabaya di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Minggu (4/8).

“Kami secara nasional menambah 13 tim untuk 13 Embarkasi. Tujuannya untuk mempercepat pengurusan keimigrasian calon haji,” ujar Cucu, seperti dilansir BeritaJatim. Adapun penambahan personel imigrasi ini dilakukan di seluruh embarkasi dengan sistem penambahan grup tugas, yang masing-masing grup beranggotakan 14-15 orang yang diambilkan dari Kantor Layanan Imigrasi Setempat.

Lebih lanjut Cucu mengungkapkan bahwa dari 13 tim setiap tim terdiri dari 15 petugas. Para petugas tersebut akan memberikan layanan ekstra, di antaranya untuk jemaah kategori risiko tinggi (risti). Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya, Barlian, menambahkan bahwa jemaah haji kategori risti nantinya akan dilayani oleh tim khusus.

“Tim khusus ini akan mendatangi calon haji atau haji yang sudah tiba di Indonesia,” ungkap Barlian. Dengan demikian, para jemaah haji kategori risti nantinya tak perlu mendatangi para petugas keimigrasian. “Nanti petugas datang ke jemaah di kursi roda baik saat mau berangkat haji atau tiba di Indonesia,” ungkapnya.

Sedangkan terkait evaluasi layanan haji yang dilakukan di 13 embarkasi di Indonesia, Cucu Koswala menilai bahwa layanan imigrasi untuk jamaah calon haji tahun ini jauh lebih baik serta secara nasional tidak ada masalah atau ungkap kasus pelanggaran di masing-masing embarkasi di seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini layanan jamaah calon haji di seluruh embarkasi berjalan normal dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” beber Cucu. Tak ketinggalan, Cucu  bersama sejumlah pejabat kantor Imigrasi kelas 1 Surabaya pun membagikan ratusan souvenir pada jemaah calon haji kloter 81 asal Lamongan, Jawa Timur.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *