Arab Saudi Tutup Penerbangan Umrah, Ratusan Jemaah di Bandara Juanda Batal Berangkat

Jemaah Haji - news.detik.com

Surabaya – PT Angkasa Pura (AP) I melaporkan bahwa setidaknya ada 2 penerbangan umrah yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Kamis (27/2). Kedua penerbangan itu memakai maskapai Saudi Arabia Airlines.

Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro mengungkapkan bahwa penerbangan pertama sudah terlanjur diberangkatkan pada Kamis (27/2) pukul 10.35 WIB menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV 359 dan mengangkut 438 jemaah.

Sedangkan untuk penerbangan kedua dibatalkan lantaran kebijakan Arab Saudi yang menghentikan sementara kedatangan umrah dari negara yang terdampak oleh virus corona. “Jadwal penerbangan kedua statusnya dibatalkan, karena kebijakan penutupan sementara akses jemaah umrah dari Indonesia akibat virus corona,” ujar Yuristo.

Padahal ratusan jamaah yang akan berangkat pada penerbangan kedua sudah berada di Bandara Juanda dari Kamis siang. “Pihak pengelola bandara sudah memberikan sosialisasi tentang kebijakan penutupan sementara akses umrah kepada jemaah dan sekarang jemaah sudah kembali pulang,” bebernya.

Akibat penangguhan penerbangan tersebut, ratusan jemaah umroh menumpuk di Bandara Juanda dan batal terbang. Mereka pun dipandu para travel umroh untuk kembali ke tempat asalnya. Terdapat 3 travel umroh yang kemarin batal berangkat, yakni berasal dari Situbondo, Madura, dan Sidoarjo.

“Sebenarnya kami kecewa berat. Pemberitahuannya sangat mendadak. Hari ini pemberitahuan, hari ini dibatalkan. Kalau menurut saya alasannya Corona ya kurang tepat,” kata salah seorang jemaah yang menggunakan jasa Travel Dallas Wisata, Syaifullah Maksum. Walau demikian, pihak travel kabarnya menjamin tak ada penambahan biaya apabila nantinya ada kepastian berangkat. “Tapi alhamdulillah travel menjamin tidak ada penambahan meski tetap ada kepastian berangkat umroh,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi telah menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi mulai Kamis (27/2). Arab Saudi juga sudah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Pihak otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi beberapa negara Teluk dalam beberapa hari terakhir. Langkah ini diambil guna mencegah dan melindungi keselamatan warganya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*