Ada Fasilitas Swab Test Gratis di Bandara Juanda untuk Tamu World Habitat Day

Fasilitas Swab Test - timesofindia.indiatimes.com
Fasilitas Swab Test - timesofindia.indiatimes.com

Surabaya – Dalam perayaan global Hari Habitat Dunia (World Habitat Day) pada Senin (5/10) lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan fasilitas swab test gratis di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Sejak beberapa hari lalu, para tamu dari luar negeri mulai berdatangan.

Sejumlah peserta yang hadir antara lain Mr. Armando Gonzalo Alvarez Reina, Duta Besar Meksiko untuk Indonesia dan Mr. Juan Camilo Valencia Gonzalez, Duta Besar Kolombia untuk Indonesia. Setelah tiba di Bandara Juanda, kedua tamu undangan langsung mengikuti swab test yang dipersiapkan di lokasi oleh Pemkot Surabaya.

Menurut Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah menyediakan fasilitas swab gratis di Bandara Juanda untuk tamu acara World Habitat Day yang baru sampai di Surabaya. “Jadi setelah turun dari pesawat mereka langsung dilakukan tes swab di bandara yang telah disiapkan Pemkot Surabaya,” ungkap Febriadhitya, Minggu (4/10), seperti dilansir Sindonews.

Lantaran masih dalam masa pandemi virus corona (Covid-19), tentu saja jumlah tamu yang hadir untuk mengikuti rangkaian acara World Habitat Day dibatasi. Di samping itu, para tamu diwajibkan mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan jaga jarak. “Tadi Dubes Meksiko dan Kolombia datang sekitar pukul 17.30 WIB dan langsung di-swab. Datangnya barengan hanya dua orang tadi,” beber Febri.

Lebih lanjut Febri memaparkan, fasilitas swab gratis di Bandara Juanda yang dipersiapkan untuk tamu undangan tersebut adalah wujud inisiatif dari pihak Pemkot Surabaya. Fasilitas itu disediakan untuk tamu yang berasal dari luar kota atau mancanegara, sehingga sebelum ikut rangkaian acara World Habitat Day, mereka dipastikan bebas dari Covid-19. “Jadi itu inisiatifnya Pemkot Surabaya untuk tamu yang datang dari luar kota atau luar negeri. Setelah menjalani swab mereka kemudian tinggal di hotel sembari menunggu hasil swab keluar,” ujar Febri.

Kota Surabaya sendiri didaulat sebagai tuan rumah dalam perayaan global Hari Habitat Dunia (World Habitat Day). Acara internasional yang rutin diselenggarakan tiap hari Senin pertama di bulan Oktober tersebut bekerja sama dengan UN-Habitat, badan PBB yang bergerak di bidang permukiman dan pembangunan kota berkelanjutan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*