Bandara Juanda Kejar Target 11,8 Juta Penumpang pada 2021

Suasana penumpang di Bandara Internasional Juanda - www.kabarbisnis.com

Sidoarjo – Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur menargetkan dapat melayani 11,8 juta penumpang pada tahun 2021 ini. Jumlah tersebut naik dari capaian pada tahun 2020 yang hanya berhasil melayani sebanyak 6,8 juta penumpang.

Menurut PTS. General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, MMA. Indah Preastuty, target tersebut sejalan dengan kenaikan jumlah pergerakan pesawat yang diprediksi akan mencapai 94.876 pergerakan pada 2021. “Kemudian untuk kargo juga diperkirakan akan mencapai 63 juta kilogram di tahun 2021,” ujar Indah di Sidoarjo, Sabtu (9/1), seperti dilansir Antara.

Indah yakin kinerja tahun ini akan kembali meningkat karena pemerintah bakal segera mengeluarkan vaksin virus corona (Covid-19) untuk masyarakat. “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memenuhi semua persyaratan untuk berpergian ataupun datang di Bandar Udara Internasional Juanda,” jelas Indah.

Lebih lanjut ia menuturkan jika Bandara Juanda telah secara konsisten menerapkan protokol kesehatan, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrian, hingga pembentukan tim sinergitas untuk patroli penerapan protokol kesehatan. “Kami berharap kepercayaan pengguna jasa semakin meningkat seiring dengan peningkatan protokol kesehatan yang terus kami lakukan,” papar Indah.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2020 Bandara Juanda melayani sebanyak 6,8 juta penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 69.248 unit dan 65.310.883 kilogram kargo. Capaian kinerja operasional Bandara Juanda itu masih didominasi oleh penerbangan domestik karena penerbangan internasional masih dilakukan secara terbatas. “Jumlah penumpang tertinggi pada masa pandemi Covid-19 terjadi pada Desember sejumlah 605.795 penumpang,” kata Indah.

Secara keseluruhan, kinerja Bandara Juanda berhasil menyumbang 21% dari total kinerja operasional PT Angkasa Pura I. “Jumlah penumpang yang telah dilayani oleh 15 bandara di bawah kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) selama tahun 2020 sebanyak 31,8 juta dan 385 ribu pergerakan pesawat,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*