Penerbangan di Bandara Juanda Belum Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru - (YouTube: KOMPASTV)
Erupsi Gunung Semeru - (YouTube: KOMPASTV)

Sidoarjo – Gunung Semeru meletus dan meluncurkan awan panas pada Selasa, 1 Desember 2020 kemarin. Meski demikian, erupsi Gunung Semeru rupanya masih belum begitu memengaruhi penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur.

“Sekarang masih normal belum ada yang terdampak. Bahkan di bandara terdekat dengan Semeru yaitu bandara di Malang belum terdampak,” kata Humas Bandara Juanda Yuristo Ardhi, Selasa (1/12), seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Yuristo menjelaskan bahwa arah mata angin tak mengarah ke Bandara Juanda. Oleh sebab itu, penerbangan di Bandara Internasional Juanda masih dapat dilaksanakan. “Kalau dilihat dari arah anginnya memang nggak ngarah ke Juanda,” terang Yuristo.

Oleh sebab itu, walaupun Gunung Semeru sempat meluncurkan awan panas, penerbangan di Bandara Juanda tak ada yang dibatalkan. Bahkan sampai pagi kemarin aktivitas penerbangan di Bandara Juanda masih berjalan seperti biasa dan belum ada yang ditunda (delay). “Tidak ada penerbangan yang dibatalkan. Penerbangan masih dilakukan, normal,” tutur Yuristo.

Menurut data PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda, per tanggal 1 Desember 2020 Bandara Juanda melayani rata-rata 17 ribu hingga 18 ribu penumpang. “Ini data per pukul 10 pagi tadi (Selasa) ya,” ungkap Yuristo.

Adapun akumulasi pergerakan pesawat arrival (kedatangan) sebanyak 18 flight dan departure (keberangkatan) sebanyak 36 flight, dengan rincian jumlah kedatangan penumpang sebanyak 1.388 pax dan keberangkatan penumpang mencapai 3.240 pax.

Sebelumnya, Gunung Semeru dilaporkan mengeluarkan awan panas guguran pada Selasa (1/12) pukul 01.23 WIB. Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, sejumlah lokasi yang berpotensi terdampak oleh aktivitas vulkanik Gunung Semeru meliputi Desa Supiturang, Desa Oro-oro Ombo, Rowobaung di Kecamatan Pronojiwo, dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro yang seluruhnya terletak di Kabupaten Lumajang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*