Cengkareng – Maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) Citilink Indonesia akhirnya resmi membuka rute penerbangan internasional baru dari Denpasar ke Perth, Australia dan Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (8/11) lalu.

Menurut Direktur Utama Citilink Juliandra, kedua rute internasional baru itu adalah rute yang cukup strategis dan diharapkan dapat menarik minat masyarakat, khususnya millenials traveller. “Selain Australia, rute dari Denpasar ke Kuala Lumpur juga memiliki pasar yang cukup menjanjikan, terutama para wisatawan mancanegara dari Kuala Lumpur yang ingin berlibur ke Pulau Dewata,” kata Juliandra, seperti dilansir Kontan.

Citilink yakin bisa mencapai target keterisian kursi atau load factor mencapai 75% pada rute Denpasar-Perth dan 77% untuk rute Denpasar-Kuala Lumpur. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia dan Australia merupakan turis yang paling banyak berkunjung ke Indonesia.

Sebagai informasi, jumlah wisman asal Malaysia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 2,34 juta kunjungan, sedangkan turis Australia memiliki jumlah kunjungan terbanyak keempat, yakni 1,02 juta kunjungan selama periode Januari-September 2019. Rute Denpasar-Perth PP dan Denpasar-Kuala Lumpur PP adalah rute penerbangan internasional Citilink yang ke-7 dan ke-8 usai sebelumnya membuka rute internasional seperti Jakarta-Penang, Jakarta-Kuala Lumpur, Surabaya-Kuala Lumpur, Jakarta-Phnom Penh, Denpasar-Dili, dan Denpasar-Kunming.

Juliandra juga mengungkapkan, sebagai maskapai yang memperoleh penghargaan LCC bintang 4 versi Skytrax selama 2 periode berturut-turut, Citilink berupaya untuk terus mengutamakan service dan kenyamanan penumpang. Misalnya saja tempat duduk yang mempunyai konfigurasi cukup luas dengan spacious leg room dan layanan terbaru lainnya meski dengan harga tiket yang cukup terjangkau. “Hal ini menjadi keunggulan Citilink yang kami harapkan mampu menarik masyarakat untuk terbang bersama kami ke rute-rute internasional baru ini,” paparnya.

Rute Denpasar-Perth dilayani setiap hari dengan pesawat Airbus A320 kapasitas 180 penumpang pada pukul 01:00 – 04:40 waktu setempat. Kemudian rute Perth-Denpasar juga diterbangkan tiap hari jam 09.40-13.30 waktu setempat. Sedangkan penerbangan Denpasar-Kuala Lumpur beroperasi tiap hari dengan jadwal penerbangan 14.45-17.40 waktu setempat dan rute Kuala Lumpur-Denpasar pukul 18.35-22.05 waktu setempat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *