Citilink Terbangi Rute Penerbangan Samarinda-Surabaya 11 Agustus 2020

Maskapai Citilink - tirto.id

Samarinda – Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) Citilink akan membuka rute penerbangan baru dari Bandara APT Pranoto Samarinda ke Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai tanggal 11 Agustus 2020 mendatang. Rute baru tersebut sekaligus menjadi rute kedua Citilink di Samarinda.

“Benar, kami terbang ke Surabaya 11 Agustus, dan penerbangan setiap hari,” kata Station Manager Citilink Samarinda Ahmad Ajudin, Jumat (7/8), seperti dilansir Niaga Asia. Pihak Citilink sengaja membuka rute penerbangan Samarinda-Surabaya pergi pulang (PP) karena tingginya minat masyarakat pada tujuan penerbangan tersebut. Nantinya rute penerbangan Samarinda-Surabaya akan dilayani Citilink dengan armada pesawat Airbus A320.

“Samarinda dekat dengan 5 kabupaten/kota di Kaltim ya. Itu menjadikan kebutuhan rute Samarinda-Surabaya sangat tinggi. Tapi yang jelas, penerapan protokol kesehatan tetap nomor satu,” jelas Ajudin. Penerbangan Citilink dari Surabaya akan diberangkatkan dengan jadwal pukul 07.00 WIB dan akan mendarat di Samarinda pada jam 09.30 WITA. Lalu, pesawat Citilink berangkat lagi dari Samarinda pada pukul 10.10 WITA dan sampai di Surabaya pukul 10.40 WIB.

Selain rute penerbangan Samarinda-Surabaya, maskapai Citilink tengah mempertimbangkan untuk membuka rute penerbangan lain tujuan Kota Solo, Malang, dan Makassar. Ketiga rute tersebut kini sedang dipelajari oleh Citilink.

“Kami sedang pelajari market-nya. Misalnya, untuk rute Solo. Karena ada pengalihan dari Adisutjipto ke bandara YIA, jarak jadi masalah (bagi masyarakat pengguna jasa penerbangan). Sehingga, rute Solo menjadi alternatif pertengahan. Alternatif ke Yogya dari Solo lebih dekat. Itu masukan dari calon penumpang,” jelas Ajudin.

Lebih lanjut Ajudin berpendapat, pasar penerbangan di Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur tetap memiliki prospek yang cerah karena posisinya yang dikelilingi oleh kabupaten dan kota lainnya. “Market Samarinda besar. Samarinda kan diapit 5 kabupaten dan kota di sekitar. Itu prospek menjanjikan menurut kami ya,” tutur Ajudin.

Sebelumnya, penerbangan di rute Samarinda-Surabaya sudah dilayani oleh maskapai Lion Air dan Nam Air. Dengan adanya Citilink tentunya akan menambah jumlah penumpang yang terbang melalui Bandara APT Pranoto ke Surabaya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*