Garuda Layani Penerbangan Khusus Kargo Surabaya-Hong Kong

Maskapai Garuda Indonesia melayani penerbangan kargo
Maskapai Garuda Indonesia melayani penerbangan kargo - bisnisnews.id

JAKARTA – Garuda Indonesia tidak hanya memperluas jalur penerbangan untuk pesawat penumpang. Maskapai pelat merah tersebut juga membuka rute baru untuk pesawat kargo, yakni yang menghubungkan Surabaya ke Hong Kong. Rute ini dibuka untuk mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, terutama di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Dilansir dari Kompas, penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hong Kong milik Garuda dilayani sebanyak satu kali setiap pekan, menggunakan armada Airbus A330-300 yang memiliki kapasitas angkut mencapai 30 hingga 40 ton dalam sekali penerbangan. Rute khusus kargo ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 06.00 WITA atau 05.00 WIB dan tiba di Hong Kong pada pukul 12.00 waktu setempat.

“Penerbangan rute khusus kargo menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan untuk diperkuat. Penambahan rute tersebut berkaca dari tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh,” tutur Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. “Pembukaan layanan ini juga dapat mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional.”

Ia melanjutkan, dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, harapan perusahaan bahwa kegiatan direct export komoditas unggulan dari kawasan Surabaya dan sekitarnya dapat semakin berdaya saing. Penerbangan ini dapat semakin meningkatkan daya saing kualitas produk komoditas unggulan di Jawa Timur dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa harus melakukan transit di beberapa hub penerbangan.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh layanan penerbangan khusus kargo rute Surabaya-Hong Kong yang mulai beroperasi per 6 Maret 2021. Hal ini tentunya akan berkontribusi positif untuk membantu ekspor kita ke Hongkong sekaligus meningkatkan daya saing produk kita,” ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. “Saya mengharapkan kiranya pembukaan penerbangan khusus kargo tersebut dapat dilihat sebagai peluang bagi UMKM, khususnya yang berada di wilayah Jawa Timur.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*