Gara-gara Covid-19, Cuma 12 Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung ke Jatim

Turis Asing Bandara Juanda - kominfo.jatimprov.go.id

Surabaya – Pariwisata menjadi sektor yang sangat terdampak oleh adanya pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Bahkan, Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur mengungkapkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jatim selama bulan Mei 2020 cukup rendah. Tercatat hanya ada 12 turis asing yang datang ke Indonesia lewat pintu masuk Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

“Sebanyak 12 kunjungan itu pun bukan merupakan warga asing. Melainkan warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri, dan kembali ke Tanah Air,” ucap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Dadang Hardiwan di Surabaya, Rabu (1/7), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut Dadang menuturkan, kunjungan wisatawan mancanegara ke Jatim selama Mei 2020 mengalami penurunan sebesar 42,86% apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Pada April 2020 ada 21 kunjungan wisman ke Jawa Timur. “Dibandingkan Mei 2019, jumlah wisman yang datang ke Jawa Timur juga mengalami penurunan sebesar 99,92 persen yaitu dari 14.529 kunjungan menjadi 12 kunjungan,” beber Dadang.

Secara kumulatif, jumlah turis asing yang masuk ke Jatim selama periode Januari-Mei 2020 mencapai 34.554 kunjungan. Angka tersebut jauh lebih rendah dari periode yang sama tahun 2019 lalu. “Dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, jumlah kunjungan Wisman yang masuk ke Jawa Timur mengalami penurunan sebesar 59,17 persen. Yaitu dari 84.638 kunjungan menjadi 34.554 kunjungan,” jelas Dadang.

BPS Jatim juga mencatatkan, secara kumulatif pada 2 tahun terakhir di periode Januari-Mei, jumlah kunjungan wisman terbanyak ada pada tahun 2018. “Dengan jumlah wisman 118.270 kunjungan, jumlah kunjungan Wisman pada periode yang sama tahun ini juga jauh lebih rendah. Hal ini perlu menjadi perhatian pihak terkait, agar jumlah wisman di periode berikutnya kembali meningkat,” tutur Dadang.

Sejumlah tempat wisata di Jawa Timur sendiri baru dibuka pada pertengahan Juni 2020 lalu tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan, misalnya saja Jatim Park 2 di Batu yang sebelumnya ditutup selama 3 bulan karena adanya pandemi Covid-19. Tak hanya menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk karyawan dan pengunjung, pengelola JTP pun memberlakukan sistem pemesanan tiket online untuk membatasi jumlah pengunjung dari 6.000 orang jadi 3.000 orang per hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*