Kuota Layanan Rapid Test Antigen di Bandara Juanda Ditambah

Layanan Rapid Test Antigen di Bandara Internasional Juanda - bacasaja.id

Surabaya – PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Juanda telah menyediakan layanan rapid test antigen dan rapid test antibodi untuk calon penumpang pesawat sejak hari Selasa (22/12) lalu di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Adapun biaya rapid test antigen ditarik sebesar Rp170.000, sedangkan rapid test antibodi harganya Rp85.000.

Menurut Stakeholder Relation Manager Yuristo Ardhi Hanggoro, layanan itu disediakan setelah adanya aturan baru yang mewajibkan para penumpang pesawat untuk menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen dari Bandara Juanda ke bandara yang ada di kota lainnya. Peraturan itu berlaku dari tanggal 22 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021. 

Pelaksanaan uji cepat antigen ini sesuai dengan Surat Edaran Ketua Pelaksana Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Selain itu juga berdasarkan pada surat Edaran Nomor: 22 Tahun 2020 Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dengan Transportasi Udara Selama Masa Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bahwa kini penumpang menuju dan pergi dari Pulau Jawa wajib menunjukkan surat rapid test antigen. Khusus tujuan Pulau Bali wajib menunjukkan hasil tes PCR, tapi Bandara Juanda tidak menyediakan layanan tes PCR,” terang Yuristo.

Bandara Juanda mempunyai layanan rapid test antigen dan antibodi yang terletak di area pelataran parkir roda empat Terminal 1 (T1). “Guna mengantisipasi kepadatan, respons kami adalah dengan membuka pendaftaran lebih pagi sejak pukul 03.00 WIB dan pengambilan sample sudah dilaksanakan mulai pukul 04.00 WIB. Layanan rapid ini cukup ramai saat ini, mengingat lokasi rapid test ini cukup strategis dan sangat memudahkan untuk mereka yang akan berangkat dari Bandara Juanda,” ucapnya.

Pihak Bandara Juanda pun memutuskan menambah kuota 100 unit untuk layanan rapid test antigen tersebut. “Total keseluruhan uji cepat antigen hari ini yang terlayani sebanyak 900 orang,” tandas Yuristo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*