Bandara Juanda Bakal Dilengkapi Drive Thru Tes Covid-19

Ilustrasi : Layanan Drive Thru Rapid Test - kompas.com

JAKARTA/SURABAYA – Untuk mengurangi penumpukan calon penumpang pesawat selama liburan Nataru, PT Angkasa Pura I berencana mengadakan layanan tes Covid-19 di sejumlah bandara besar, seperti Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Sebelumnya, perusahaan sudah menambah beberapa titik pemeriksaan tes Covid-19 di bandara guna mengurangi penumpukan antrean periksa dan tunggu hasil tes.

“Untuk di bandara-bandara besar seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sedang diupayakan untuk disiapkan layanan tes Covid-19 drive through di bandara agar konsentrasi antrean terpecah,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, dikutip dari Bisnis. “Sehingga, proses keberangkatan pada hari keberangkatan dapat lebih nyaman tanpa waktu menunggu antrean yang cukup lama.”

Faik melanjutkan, guna mencegah terjadinya penumpukan antrean rapid test antigen dan proses verifikasi dokumen syarat penerbangan di bandara, pihaknya mengimbau calon penumpang pesawat udara untuk melakukan rapid test antigen H-1 sebelum keberangkatan. Diingatkan pula untuk mengisi e-HAC di aplikasi mobile sebelum penerbangan untuk menghindari penumpukan di antrean validasi bandara tujuan.

Di sisi lain, Angkasa Pura I juga melakukan beberapa upaya perbaikan layanan dari hari ke hari. Perbaikan itu, dijelaskan Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan, misalnya dengan menambah beberapa titik pemeriksaan tes Covid-19 di bandara untuk mengurai penumpukan antrean periksa dan menunggu hasil tes. Perseroan juga menambah petugas bandara yang menangani antrean calon penumpang.

“Angkasa Pura I telah menyiapkan kursi tambahan di area tunggu pengambilan hasil dan memberikan air mineral kepada calon penumpang yang menunggu hasil tes,” jelas Handy. “Di samping itu, berkoordinasi dengan airlines untuk membuka layanan khusus refund dan reschedule tiket dengan syarat calon penumpang menunjukkan hasil rapid antigen.”

Khusus untuk Bandara Juanda, dalam sepekan terakhir, tercatat sudah ada 155.893 orang penumpang yang bepergian lewat pelabuhan udara tersebut. Jumlah tersebut didominasi penumpang kedatangan dengan angka 85.685 orang, sedangkan penumpang keberangkatan sebanyak 70.208 orang. “Jika dirata-rata, Bandara Juanda melayani 22 ribu penumpang per hari,” kata Pts General Manager Bandara Juanda, Indah Preastuty.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*