JAKARTA/SURABAYA – Maskapai Garuda Indonesia memastikan tidak ada kenaikan harga tiket pesawat pada masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Walau ada peningkatan, masih akan sesuai dengan Tarif Batas Atas (TBA) yang diatur oleh Kementerian Perhubungan. Dengan demikian, harga tiket Jakarta-Surabaya masih akan berada di kisaran Rp1,17 jutaan.

“Pergerakan harga tiket tidak akan melampaui TBA yang diatur dalam PM 20/2019 dan Keputusan Menteri Perhubungan 106/2019,” jelas Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, seperti dilansir Kontan. “Semua maskapai, menurut kami, juga akan menjalankan penyesuaian tarif sesuai dengan ketentuan tersebut.”

Dirinya menambahkan, kalau ada travel agent yang menjual di atas ketentuan, perusahaan tidak segan-segan untuk melakukan blacklist. Pasalnya, kalau ambil keuntungan di atas TBA, pasti akan heboh, sehingga tidak ada kenaikan selama Nataru. “Namun, kami juga meminta masyarakat untuk memahami bahwa dalam tiket pesawat ada tiga komponen lain, yakni passenger traffic charge atau airport tax, PPn 10%, dan asuransi sehingga terkadang total yang dibayar seakan-akan melebihi TBA,” sambung Pikri.

Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019/2020 ini, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 139 unit pesawat, dengan 25 persen di antaranya adalah kategori lorong ganda atau twin aisle. Selain pesawat lorong ganda, maskapai juga akan mengoperasikan sebanyak 104 unit pesawat berlorong tunggal atau single aisle.

“Kami lebih memilih menggunakan bigger aircraft daripada menambah penerbangan (extra flight). Dari sisi biaya operasional, akan lebih hemat,” kata Pikri. “Jenis pesawat wide body yang digunakan antara lain Boeing 777-300, Airbus 330-300, dan Airbus 330-200, sedangkan untuk pesawat narrow body, yakni Boeing 737-800, CRJ1000 NexGen, dan ATR 72-600.”

Beberapa rute domestik yang dinilai akan menjadi favorit penumpang selama Nataru antara lain Denpasar, Surabaya, Labuan Bajo, Semarang, Yogyakarta, Mataram, dan Kupang. Sementara, untuk rute internasional, diperkirakan akan disesaki dengan rute menuju Singapura, Jepang, Korea Selatan, serta kawasan Eropa.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *