JAKARTA – Lesunya dunia penerbangan Indonesia, terutama karena imbas penghentian sementara rute China akibat wabah virus corona, membuat Kementerian Perhubungan memutuskan untuk memberikan insentif kepada maskapai. Setelah disetujui oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, bentuk insentif tersebut akan diumumkan pada pertengahan minggu ini.

“Nanti, di-announce (diumumkan) akan ada subsidi dari pemerintah langsung mungkin ke operator maskapai, mungkin ke mana untuk tujuan-tujuan wisata,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Senin (17/2) kemarin di UGM. “Kami juga mengimbau pengelola bandara serta maskapai untuk memberikan potongan harga kepada pengguna jasa agar industri pariwisata dalam negeri bisa bergairah kembali.”

Menurut Budi, upaya pemberian insentif dan potongan harga tersebut bisa memberikan stimulus untuk mengisi potensi pendapatan yang ditinggalkan oleh turis asal China. Seperti diketahui, sejak ada kebijakan penundaan sementara penerbangan dari dan menuju China terkait virus corona, industri penerbangan Indonesia memang mengalami dampak negatif.

Kementerian Perhubungan memutuskan melakukan penundaan penerbangan ke dan dari seluruh destinasi di China, tidak termasuk Hong Kong dan Macau, hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Penundaan yang berlaku mulai 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB itu sehubungan dengan peningkatan skala epidemik wabah virus corona dan status darurat global yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Terkait promo tiket penerbangan, sejumlah maskapai juga telah memberikan potongan harga untuk sejumlah destinasi, baik domestik maupun internasional. Maskapai Citilink Indonesia misalnya, memberikan diskon sebesar 50 persen untuk semua rute penerbangan tujuan domestik. Sementara, Garuda Indonesia menawarkan diskon hingga 70 persen untuk penerbangan internasional dan 30 persen untuk rute domestik. 

“Diskon harga tiket ini berlaku untuk semua rute domestik, tentunya dengan alokasi kuota yang terbatas, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” terang VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina, dilansir Kontan. “Diharapkan, dengan adanya promo ini, dapat menambah jumlah penumpang. Dengan mengedepankan pelayanan terbaik, diharapkan pendapatan akan tetap seimbang.”

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *