Tiket Normal, Penerbangan Surabaya-Jember PP Ternyata Sudah Beroperasi Lagi

Pesawat di Bandara Juanda - www.wartanasional.com
Pesawat di Bandara Juanda - www.wartanasional.com

SURABAYA/JEMBER – Seiring masa transisi new normal, sejumlah penerbangan domestik kembali beroperasi. Nah, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa rute Surabaya-Jember PP yang menghubungkan Bandara Internasional Juanda dengan Bandara Notohadinegoro juga telah dibuka sejak awal Juni 2020 lalu. Rute ini dilayani tiga kali seminggu, yakni hari Rabu, Jumat, dan Minggu oleh maskapai Wings Air.

Sesuai jadwal, pesawat Wings Air tiba di Jember pada pukul 11.20 WIB dan kemudian lepas landas lagi menuju Surabaya pada pukul 11.40 WIB. Sementara, untuk harga tiket, masih menetapkan harga normal. “Penerapan protokol kesehatan masih terus diberlakukan. Penumpang juga diwajibkan membawa hasil rapid test yang berlaku selama 14 hari,” jelas Kepala Bandar Udara Notohadinegoro, Edy Purnomo.

“Nantinya, layanan penerbangan akan dibuka setiap hari, namun akan menyesuaikan dengan ada atau tidak adanya penumpang,” sambung Edy. “Karena, meski sudah tersedia sejak awal Juni lalu, dengan penerbangan tiga kali dalam seminggu, hingga saat ini belum ada pesawat Wings Air yang diterbangkan untuk rute tersebut.”

Pada tanggal 10 Juni lalu misalnya, penerbangan rute tersebut terpaksa dibatalkan karena jumlah penumpang yang sangat minim. Menurut Edy, penumpang yang bisa memanfaatkan penerbangan bisa masyarakat umum dengan memenuhi syarat yang tertuang di SE No. 7 Gugus Tugas COVID-19 dan SE Menteri Perhubungan No. 13 tahun 2020, serta Peraturan Menteri Perhubungan No. 18 dan 41 tahun 2020.

Seperti diketahui, sejak awal April lalu, maskapai Wings Air serta maskapai lain dari Lion Air Group terpaksa menghentikan operasional mereka karena pandemi virus corona. Di masa normal, Wings Air melayani penerbangan Surabaya-Jember PP setiap hari. Namun, ketika jumlah penumpang perlahan menurun pada Maret, mereka memangkas frekuensi penerbangan menjadi tiga kali dalam sepekan.

Selain Wings Air, sebenarnya maskapai Citilink Indonesia juga sempat melayani penerbangan Surabaya-Jember PP. Namun, pada November 2019 lalu, anak usaha Garuda Indonesia ini memutuskan menghentikan operasional mereka hingga batas waktu yang belum ditentukan. Padahal, tingkat okupansi penumpang sudah mulai bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*