Mesin Rusak, Pesawat Lion Air dari Lombok Batal Terbang ke Surabaya

Maskapai Lion Air - www.scmp.com

Mataram – Armada pesawat Lion Air JT177 dengan nomor registrasi PK-LGZ rute Lombok-Surabaya mengalami kerusakan mesin sesaat usai mengudara dari Bandara Lombok pada Selasa (29/9) kemarin. Alhasil, pilot pesawat Lion Air pun memutuskan untuk return to base (RTB) atau kembali ke Bandara Lombok.

Pesawat yang mengangkut 114 penumpang ini terbang dari BIL (Bandara Internasional Lombok) pukul 16.48 WITA dan rencananya bakal menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya. Tetapi, beberapa menit kemudian, tepatnya pukul 17.00 WITA, Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Lombok mendapat informasi jika pesawat itu akan melakukan RTB lantaran mengalami kerusakan mesin nomor 2.

“Pada pukul 17.00 WITA, Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Lombok menerima informasi bahwa pesawat tersebut akan melakukan RTB karena mengalami kerusakan mesin nomer 2. PKP-PK pun melaksanakan siaga,” kata General Manager Angkasa Pura I, Nugroho Jati, seperti dilansir Liputan6.

Nugroho menambahkan, pesawat berhasil mendarat dengan selamat. “Pesawat berhasil mendarat dengan selamat dan parkir di parking stand nomor 12 Bandara Lombok,” papar Nugroho. Seluruh penumpang pesawat Lion Air telah dievakuasi dan diarahkan menuju ruang tunggu bandara. “Pesawat berhasil mendarat dengan selamat dan parkir di parking stand nomor 12 Bandara Lombok,” terangnya.

Sebanyak 40 penumpang meminta refund, sedangkan 74 penumpang diterbangkan dengan pesawat Lion Air menuju Surabaya pada Rabu, 30 September 2020 pukul 08.10 WITA. Pesawat Lion Air jenis Boeing B739 tersebut rupanya dinyatakan membutuhkan perawatan (maintenance) lebih lanjut di Bandara Lombok. Sebelumnya, pihak Lion Air melakukan proses pendataan penumpang untuk diinapkan di Hotel D-Max, Lombok Tengah. Pihak Lion Air sendiri kabarnya masih akan memberi keterangan lebih lanjut terkait insiden tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*