Positif Covid-19, Calon Penumpang Bisa Refund Tiket Pesawat

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan - independensi.com
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan - independensi.com

JAKARTA – Tidak hanya kereta api, calon penumpang pesawat terbang yang ternyata dinyatakan positif saat melakukan tes Covid-19 di bandara, bisa mengajukan jadwal ulang penerbangan atau pengembalian dana (refund) tiket ke maskapai dengan harga yang sesuai dibayar. Hal tersebut baru-baru ini ditegaskan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

“Ada beberapa yang dinyatakan positif, kami perlakukan dengan baik, maka perjalanan tidak bisa dilanjutkan,” tutur Budi ketika melakukan peninjauan di Airport Health Center Bandara Internasional Soekarno-Hatta, seperti dilansir dari Detik. “Yang bersangkutan dapat melakukan reschedule perjalanan atau mendapatkan refund dengan harga sesuai yang dibayar.”

Dalam kunjungannya tersebut, Budi Karya juga mengapresiasi cukup banyaknya lokasi tes Covid-19 yang tersebar di 8 titik di Bandara Soekarno-Hatta, serta 3 alternatif yang dapat dipilih calon penumpang pesawat untuk melakukan tes, yaitu pre-order service, drive thru service, dan walk in service, sehingga pelaksanaan tes dapat terdistribusi dengan baik.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I, seperti dipaparkan direktur utama perusahaan, Faik Fahmi, telah berkoordinasi dengan airlines untuk membuka layanan khusus refund dan reschedule tiket dengan syarat calon penumpang menunjukkan hasil rapid antigen. Pasalnya, jika calon penumpang ternyata positif virus corona, maka dilarang keras untuk melakukan perjalanan udara.

Di sisi lain, ternyata jumlah pengembalian tiket pesawat terbang maupun pembatalan pemesanan hotel di momen libur akhir tahun ini cukup tinggi. Untuk perjalanan ke Bali saja misalnya, ada 133 ribu calon penumpang yang terpaksa membatalkan penerbangan mereka lantaran ada sejumlah syarat, termasuk tes rapid antigen dan PCR. Total nilai refund berdasarkan data online travel agency sekitar Rp48,4 miliar.

“Setelah ketentuan tersebut dikeluarkan, puluhan ribu calon wisatawan disebut-sebut mengajukan refund ke perusahaan penyedia tiket pesawat,” tutur Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Budijanto, dikutip dari Bisnis. “Puluhan ribu calon wisatawan yang mengajukan permohonan refund merupakan 50 persen dari total wisatawan yang telah membayar tiket pesawat untuk berlibur.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*