SURABAYA/MALANG – Pada awal November 2019 ini, Bandara Abdul Rachman Saleh sempat viral gara-gara tarif parkir kendaraan yang diklaim memberatkan banyak pengendara. Sementara itu, di Bandara Internasional Juanda, seperti disampaikan PT Angkasa Pura II, tarif parkir kendaraan masih tetap sama, tidak ada perubahan, karena perusahaan baru saja melakukan penyesuaian pada bulan September kemarin.

“Belum, daftar masih sama,” ujar Legal an Section Communication Head PT Angkasa Pura I Bandara Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro, dilansir Detik. “Penyesuaian tarif di Bandara Juanda dilakukan sejak 2 tahun terakhir. Meski begitu, tidak ada periode pasti setiap berapa tahun. Sesuai evaluasi saja dan yang jelas setiap penyesuaian harus ada justifikasi dan kajian serta atas persetujuan pemda setempat.”

Dalam daftar tarif terbaru, untuk roda dua, tarif lama Rp3 ribu menjadi Rp5 ribu, untuk roda empat, tarif lama Rp6 ribu menjadi Rp10 ribu, sedangkan tarif kendaraan roda enam lebih dari Rp8 ribu menjadi Rp12 ribu. Sementara, tarif untuk kendaraan roda dua yang menginap, dari Rp25 ribu menjadi Rp35 ribu, tarif inap kendaraan roda empat dari Rp50 ribu menjadi Rp100 ribu, dan tarif inap kendaraan roda enam lebih dari Rp70 ribu menjadi Rp120 ribu.

Di sisi lain, tarif parkir kendaraan di Bandara Abdul Rachman Saleh yang sempat menggegerkan para sopir adalah bus pariwisata jam pertama Rp300 ribu dan selanjutnya Rp50 per jam, bus mini jam pertama Rp200 ribu dan selanjutnya Rp50 ribu per jam, ELF/HIACE jam pertama Rp150 ribu dan selanjutnya Rp25 ribu per jam, serta mobil atau jeep jam pertama Rp100 ribu dan selanjutnya Rp25 ribu per jam.

“Sebenarnya kami penggerak wisata di Malang ini ‘kan selain menjual wisata, juga menjual bandara, dalam artian kalau ada tamu dari luar, kami referensikan untuk turun di Malang,” ujar salah satu sopir pariwisata di Malang, Rozikin, dilansir dari Surya Malang. “Namun, kalau seperti ini, bisa kami rekomendasikan turun di Surabaya saja.”

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *