Tarif Tol Simpang Susun Waru-Bandara Juanda Bakal Alami Penyesuaian

Tol Juanda - jatimnow.com

Sidoarjo – Tarif Tol Simpang Susun Waru – Bandara Juanda yang dikelola oleh PT Citra Margatama Surabaya kabarnya akan mengalami penyesuaian dalam waktu dekat ini. Penyesuaian tarif Tol Waru-Juanda ini dilakukan usai memenuhi syarat Standar Pelayanan Minimum (SPM).

“SPM telah ditetapkan oleh pemerintah dalam mempertahankan dan meningkatkan pelayanan pengguna jalan tol yang melintas di ruas Tol Simpang Susun Waru – Bandara Juanda agar dapat dilalui dengan aman dan lancar,” kata Kepala Departemen Humas PT CMS, Zulkhair, Sabtu (17/10), seperti dilansir Jatimnow.

Lebih lanjut Zulkhair mengatakan, dasar proses penyesuaian tarif pada ruas Jalan Tol Simpang Susun Waru – Bandara Juanda dilakukan berdasarkan Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan tol sebagaimana perubahan terakhir dengan Peraturan Pemerintah nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang jalan tol.

“Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi khususnya Kota Surabaya serta penyesuaian tarif tol periode berikutnya berdasarkan besaran tarif hasil perhitungan sebelum dilakukan pembulatan,” tutup Zulkhair.

Sebagai informasi, Tol Waru-Juanda merupakan jalan tol sepanjang 12 km yang melintasi Surabaya dan Sidoarjo dengan gerbang tol di 6 lokasi, yakni Menanggal, Berbek 1, Berbek 2, Tambaksumur 1, Tambaksumur 2, dan Juanda. Jalan Tol Waru-Juanda di setiap jalurnya terdiri atas 2 lajur, dengan lebar masing-masing 3,5 m. Kecepatan kendaraan minimal adalah 60 km/jam dan maksimal adalah 80 km/jam. Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Surabaya-Gempol, kawasan industri SIER, dan arteri Middle Eastern Ring Road (MERR).

Mulai Oktober 2017 lalu, jalan Tol Waru-Juanda hanya menerima pembayaran dengan kartu elektronik seperti Flazz (BCA), E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), dan Tapcash (BNI). Adapun tarif Tol Waru-Juanda saat ini untuk kendaraan Golongan I adalah Rp8.000, Gol II Rp12.000, Gol III Rp12.000, Gol IV Rp16.000, dan Gol V juga Rp16.000.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*