JAKARTA – Kabar bahwa akan ada tiket pesawat murah setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu ternyata bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, pemerintah dan maskapai sepakat untuk menyediakan 30 persen alokasi tiket murah di tiga hari tersebut. Penurunan tarif sebesar 50 persen dari batas atas untuk maskapai berbiaya murah atau LCC akan dilakukan mulai Kamis (11/7) mendatang.

“Kebijakan ini akan berlaku efektif mulai Kamis, 11 Juli 2019, karena penyesuaian sistem membutuhkan waktu dua hari,” papar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, dilansir CNN. “Citilink akan menyiapkan 62 penerbangan per hari dengan total 3.348 kursi, bergantung kondisi pesawat, yang akan mendapatkan diskon. Sementara, Lion Air menyiapkan 146 penerbangan per hari dengan total 8.278 kursi.”

Keputusan ini sendiri diambil setelah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lanjutan II Kebijakan Penurunan Tarif Tiket Angkutan Udara pada Senin (8/7) kemarin. Rakor tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Citilink, Lion Air, AirNav, PT Angkasa Pura I (Persero), dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Susiwijono menggarisbawahi bahwa diskon 50 persen diberikan dengan catatan penerbangan tersebut dilakukan pada hari Selasa, Kamis, Sabtu atau periode ‘happy hour’ pukul 10.00 sampai 14.00, waktu setempat. Sementara, untuk AirAsia, selama ini rata-rata harga tiketnya untuk periode ‘happy hour’ dikatakan sudah berada di bawah 50 persen. Informasi itu diperoleh pada saat menggelar rapat teknis yang dihadiri oleh perwakilan perusahaan di pekan lalu.

“Penurunan harga tiket bisa dilakukan berkat keterlibatan seluruh pihak terkait, tidak hanya maskapai, tetapi melibatkan operator bandara, kenavigasian, serta penyediaan bahan bakar avtur,” sambung Susiwijono. “Pemerintah akan menyiapkan ketentuan sebagai aspek legal pemberian diskon tersebut selama dua hari ke depan.”

Sayangnya, pemerintah dan maskapai sendiri belum bisa memutuskan untuk rute-rute penerbangan mana saja yang akan dilakukan penyesuaian tarif tersebut. Informasi mengenai rute penerbangan akan disampaikan kembali dalam rapat koordinasi lanjutan. “Itu akan kami rinci detail sebelum hari Kamis pemberlakuannya,” tutupnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *