Bolak-Balik Batal, Wings Air Akhirnya Kembali Terbang Jember-Surabaya PP

Penerbangan perdanana Wings Air di Bandara Notohadinegoro, Jember - today.line.me

SURABAYA/JEMBER – Walau sudah dioperasikan kembali sejak awal Juli 2020 lalu, operasional Wings Air yang melayani rute Jember-Surabaya PP via Bandara Internasional Juanda memang belum benar-benar normal dan sering dibatalkan lantaran sepi penumpang. Nah, mulai pekan kemarin, maskapai tersebut akhirnya terbang ‘perdana’ dengan membawa belasan penumpang.

“Alhamdulillah, hari ini penerbangan perdana Wings Air saat pandemi virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Notohadinegoro, Edy Purnomo, di Jember pada Selasa (14/7) lalu, seperti dilansir Antara. “Wings Air sebenarnya sudah membuka kembali rute penerbangan Jember-Surabaya PP dengan penerbangan setiap hari sejak 1 Juli 2020, namun selalu batal terbang karena sepi penumpang.”

Untuk penerbangan ‘perdana’ setelah sempat berhenti akibat pandemi COVID-19, Wings Air menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 dengan membawa 9 penumpang dari Surabaya menuju Jember. Sementara, untuk rute sebaliknya, maskapai di bawah naungan Lion Air Group tersebut mengangkut sebanyak 16 penumpang.

Kedatangan pesawat Wings Air di Bandara Notohadinegoro sendiri sempat terlambat atau delay karena faktor cuaca, sehingga baru mendarat di Jember pada pukul 12.10 WIB dari jadwal semula 11.20 WIB. Pesawat kemudian lepas landas pada pukul 12.35 WIB dari jadwal semula pukul 11.40 WIB. “Selama pandemi ini, okupansi penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara menurun tajam, sehingga kamu mendorong Wings Air untuk terbang kembali agar meningkatkan roda perekonomian di Jember,” tambah Edy.

“Penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sehingga penumpang diminta datang lebih awal sekitar tiga jam sebelum keberangkatan,” sambung Edy. “Sebelum masuk ke pesawat, penumpang harus mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya, kemudian mengisi kartu kewaspadaan dan penumpang wajib membaca hasil tes cepat non-reaktif sesuai dengan protokol kesehatan.”

Seperti diketahui, sejak awal April lalu, maskapai Wings Air serta maskapai lain dari Lion Air Group terpaksa menghentikan operasional mereka karena pandemi virus corona. Di masa normal, Wings Air melayani penerbangan Surabaya-Jember PP setiap hari. Namun, ketika jumlah penumpang perlahan menurun pada Maret, mereka memangkas frekuensi penerbangan menjadi tiga kali dalam sepekan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*