AP I Telah Layani Vaksinasi 24.740 Penumpang, Terbanyak di Bandara Juanda

Vaksinasi di Bandara Juanda - infopublik.id

Jakarta – Sampai dengan hari Jumat (23/7), sentra vaksinasi di 15 bandar udara kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) telah melayani vaksin untuk 24.740 calon penumpang pesawat. Seperti diketahui, sentra vaksinasi di 15 bandara Angkasa pura I ini sudah dibuka dari awal bulan Juli 2021 lalu guna mendukung pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak 5 Juli 2021.

“Pembukaan Sentra Vaksinasi tersebut juga merupakan salah satu upaya dari Angkasa Pura I untuk mendukung target Pemerintah dalam mewujudkan target 1 juta vaksinasi per hari di bulan Juli, dan 2 juta vaksinasi per hari di bulan Agustus mendatang. Per Jumat, 23 Juli kemarin, data yang kami himpun di 15 bandara yang kami kelola, tercatat sebanyak 24.740 penumpang telah mendapat suntikan vaksin,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Sabtu (24/7) sore, seperti dilansir Bisnis.

“Penyediaan sentra vaksinasi di 15 bandara kami ini juga ditujukan untuk mendukung pelaksanaan PPKM Darurat, di mana salah satu syarat bagi calon penumpang pesawat udara yang hendak bepergian adalah diwajibkan untuk melengkapi diri dengan sertifikat vaksinasi. Tentunya hal ini mempermudah calon penumpang yang akan terbang,” imbuh Faik.

Berdasarkan data Angkasa Pura I, sentra vaksinasi di Bandara Juanda Surabaya telah melayani vaksinasi terbanyak, dengan jumlah peserta mencapai 8.596 orang, atau mencakup 35% dari jumlah penumpang yang divaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I. Pada posisi berikutnya ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dengan jumlah calon penumpang divaksinasi sebanyak 5.331 orang, atau 22% dari total penumpang divaksinasi di 15 bandara Angkasa Pura I. Peringkat ketiga ada di Bandara Sentani Jayapura dengan jumlah 2.057 calon penumpang terlayani.

AP I sendiri bekerja sama dengan berbagai instansi anggota komunitas bandara, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di masing-masing bandara, Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan instansi anggota komunitas bandara lain untuk pelaksanaan program vaksinasi.

“Mewakili manajemen, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel dari masing-masing instansi anggota komunitas bandara, yang telah terlibat dari awal beroperasinya Sentra Vaksinasi di 15 bandara kami hingga sekarang. Secara khusus, saya mengucapkan terima kasih kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah setempat yang telah menyediakan tenaga kesehatan serta vaksin,” tutup Faik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*