JAKARTA – Setelah sempat molor dari jadwal yang ditetapkan, maskapai Lion Air memastikan akan mulai menjual tiket penerbangan murah pada Rabu (24/7) besok. Salah satu maskapai LCC (low cost carrier) tersebut akan menerapkan potongan harga sebesar 50 persen untuk 146 penerbangan mereka, yang semestinya sudah berlaku sejak pekan lalu.

“Rabu ini (24 Juli 2019), semua sudah jalan,” papar Founder Lion Air, Rusdi Kirana, Senin (22/7) kemarin. “Molornya jadwal penerapan tiket murah lantaran sistem reservasi yang disiapkan Lion Air belum memenuhi keinginan pemerintah. (Tiket) kami sebenarnya sudah turun, tetapi mereka minta lebih turun lagi. Cuma, kami turunnya 30 persen.”

Sebelumnya, hanya Citilink yang sudah menerapkan kebijakan tiket penerbangan murah. Dari 62 penerbangan murah yang disediakan anak usaha Garuda Indonesia itu, hanya tersisa 34 penerbangan untuk pekan ini karena sudah dipesan penumpang jauh-jauh hari sebelum kebijakan tersebut diterapkan oleh perusahaan.

Sementara itu, pemerintah dan maskapai penerbangan juga melemparkan rencana untuk menurunkan harga tiket seluruh penerbangan pesawat berbiaya murah. Berdasarkan kesepakatan, saat ini maskapai LCC baru menyediakan tiket pesawat yang turun 50 persen pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, dengan waktu keberangkatan pukul 10.00 hingga 14.00 waktu setempat.

“Rencananya ‘kan untuk sementara ini Selasa, Kamis, Sabtu, jam 10 sampai jam 2 (sore). Sekarang, rapatnya bagaimana ini dibuat dari Senin sampai Minggu, kemudian dari pagi sampai pagi,” tambah Rusdi. “Kebijakan yang berlaku saat ini hanya bersifat sementara. Para stakeholder mendengar masukan dari masyarakat agar tiket pesawat murah dijual merata.”

Untuk mendukung rencana tersebut, menurut dia, perlu diperlakukan insentif buat maskapai. Tujuannya agar kebijakan itu tidak menjadi beban buat perusahaan penerbangan. Menurutnya, pemerintah bisa saja memberi maskapai semacam insentif fiskal untuk mengurangi beban biaya operasional dari penerbangan. Sebagai contoh, pemerintah dapat membangun bengkel aviasi di seluruh Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *