AirAsia Buka Kembali 3 Rute Domestik, Termasuk Surabaya-Denpasar PP

AirAsia mulai mengoperasikan kembali sejumlah rute penerbangan domestik - www.kabarbisnis.com

JAKARTA – Secara bertahap, maskapai AirAsia mulai mengoperasikan kembali sejumlah rute penerbangan domestik mereka setelah sempat berhenti akibat pandemi virus corona. Paling anyar, maskapai asal Malaysia tersebut menjalankan kembali tiga rute di dalam negeri, yakni Yogyakarta-Medan PP, Jakarta-Semarang PP, serta Surabaya-Denpasar PP.

“Melalui penambahan rute ini, kini AirAsia Indonesia telah melayani delapan rute domestik,” tutur Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga, disalin dari Kompas. “Selaras dengan fokus pemerintah untuk memulihkan perekonomian negara dan melihat peningkatan pemesanan tiket penerbangan yang positif pasca-pengoperasian kembali, terutama untuk perjalanan bisnis, kami melakukan ekspansi layanan dengan menghubungkan sejumlah wilayah pusat perekonomian.”

Untuk menarik minat masyarakat, maskapai memberikan promo harga tiket ketika memesan melalui situs airasia.com atau aplikasi AirAsia. Harga tiket pesawat Yogyakarta-Medan mulai Rp1,179 jutaan per orang, harga tiket penerbangan Surabaya-Denpasar mulai Rp321 ribuan per kursi, sedangkan banderol tiket rute Jakarta-Semarang mulai Rp368 ribuan per seat.

Harga tersebut berlaku untuk perjalanan mulai bulan Agustus 2020. Harga yang ditampilkan sudah termasuk bagasi gratis untuk penerbangan domestik hingga 15 kg. Selain itu, perusahaan juga memberikan diskon tambahan jika calon penumpang melakukan login di airasia.com atau aplikasi seluler AirAsia sebelum melakukan pemesanan tiket. 

Sebelumnya, mulai 16 Juli 2020 lalu, AirAsia juga menambah frekuensi penerbangan secara bertahap, termasuk rute-rute populer seperti Jakarta-Bali, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lombok, Jakarta-Medan, dan Jakarta-Yogyakarta. Untuk relasi Jakarta-Bali, AirAsia kini terbang 63 kali per minggu, kemudian rute Jakarta-Surabaya beroperasi 40 kali per minggu, rute Jakarta-Lombok terbang 14 kali per minggu, rute Jakarta-Medan 21 kali per minggu, dan rute Jakarta-Yogyakarta beroperasi 28 kali per minggu.

Karena masih dalam masa pandemi COVID-19, AirAsia tetap menerapkan standar ketat dalam pengangkutan penumpang dan barang seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah, otoritas penerbangan sipil, dan badan kesehatan setempat dan global, termasuk WHO. Seluruh armada AirAsia dikatakan telah dilengkapi dengan fitur penyaring udara HEPA (High Efficiency Particulate Arresters), yang dapat menyaring 99,9 persen partikel debu dan kontaminan di udara seperti virus dan bakteri. Pesawat yang digunakan langsung disinfeksi segera setelah selesai penerbangan sesuai dengan standar keselamatan operasional AirAsia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*