Selama Pandemi COVID-19, Begini Alur Keberangkatan Penumpang di Bandara Juanda

Handy Heryudhitiawan, Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura (AP) I - banjarmasin.tribunnews.com

SURABAYA – Seperti banyak bandara lainnya, Bandara Internasional Juanda kembali beroperasi di tengah pandemi COVID-19 dengan jumlah penerbangan yang terbatas. Untuk masyarakat yang hendak melakukan perjalanan udara melalui bandara tersebut, setidaknya ada lima proses alur pemeriksaan yang mesti dilalui.

“Pada masa larangan mudik 2020 ini, ada lima proses alur pemeriksaan penumpang yang perlu diketahui oleh calon penumpang,” tutur Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura II, Handy Heryudhitiawan, dilansir Tribun Jatim. “Jika saat akan melakukan perjalanan jalur udara dengan keberangkatan melalui 15 bandara yang kami kelola, salah satunya Bandara Juanda.”

Alur pertama, seperti penjelasan Handy, calon penumpang menunjukkan berkas kelengkapan dokumen perjalanan seperti identitas diri, tiket, surat keterangan negatif/ bebas COVID-19, surat tugas, surat kematian (sesuai persyaratan yang tertera pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020). Kemudian, di area terminal keberangkatan, calon penumpang juga diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermo gun.

Setelah itu, calon penumpang menuju pos pemeriksaan kesehatan di area check-in menunjukkan surat keterangan bebas/negatif COVID-19. Kemudian, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kementerian Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan dan menerbitkan clearance kesehatan, dan calon penumpang mengisi HAC (Health Alert Card) atau e-HAC dengan dipandu petugas KKP.

Alur ketiga, calon penumpang yang telah memiliki clearance kesehatan, wajib menunjukkan seluruh berkas kelengkapan perjalanan ke pihak maskapai. Setelah itu, calon penumpang yang telah mendapatkan approval di pos pemeriksaan ketiga, melakukan proses check-in dan mendapatkan boarding pass. Kemudian, penumpang yang telah memiliki boarding pass, diperiksa kembali kelengkapan dokumennya oleh petugas Aviation Security (AVSEC) sebelum masuk pemeriksaan SCP 2.

Ternyata, tidak berhenti di situ. Handy menambahkan, calon penumpang dapat melanjutkan ke pemeriksaan badan dan barang di SCP2 dan kemudian masuk ruang tunggu persiapan boarding (boarding lounge). “Sebagai catatan penting juga, apabila terdapat berkas yang tidak lengkap pada tiap pos pemeriksaan tersebut, maka calon penumpang tidak diperbolehkan melanjutkan ke tahap pemeriksaan selanjutnya,” tegasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*