Bakal Buka Penerbangan Bali-Korea Selatan, AP I Jalin Kerja Sama dengan Incheon

Bandara I Gusti Ngurah Rai - finance.detik.com
Bandara I Gusti Ngurah Rai - finance.detik.com

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I menjalin kerja sama dengan Incheon International Airport Corporation (IIAC) asal Korea Selatan dalam rangka menerapkan pedoman Safe Corridor Initiative (SCI) bagi penerbangan internasional yang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali.

VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan mengungkapkan bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akan jadi pilot project penerapan SCI di dunia. Pedoman SCI tersebut adalah pedoman berstandar global terkait implementasi protokol kesehatan di bandara.

“Jika semua berjalan lancar ini akan membuat terealisasinya bubble travel antar dua negara yaitu Indonesia [Bali] dan Korea Selatan dengan aman dan nyaman dan diharapkan mampu meningkatkan trafik penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali,” ungkap Handy.

AP I sendiri sudah menyiapkan berbagai upaya, misalnya dengan pengaturan slot penerbangan, pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 termasuk pada area-area pemeriksaan dokumen perjalanan. Di samping itu, AP I selaku pihak operator bandara pun akan melakukan koordinasi secara intens dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan serta stakeholder terkait lainnya dalam pelaksanaan dan monitoring lalu lintas penumpang yang datang dan berangkat di bandara kelolaannya.

Handy menambahkan, Travel Corridor Agreement (TCA) diluncurkan oleh Kementerian Luar Negeri dengan tujuan memberi jalan bagi Warga Negara Indonesia dan WN Singapura untuk dapat melakukan perjalanan antar kedua negara dengan tujuan bisnis esensial, diplomatik, dan kedinasan mendesak dengan syarat-syarat tertentu.

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan jika kerja sama ini juga upaya AP I untuk meyakinkan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri agar kembali melakukan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman. “Sehingga nantinya diharapkan dapat kembali meningkatkan pariwisata dan roda perekonomian di Indonesia,” kata Faik.

President & CEO IIAC Bon Hwan Koo juga menjelaskan alasannya memilih Bandara Ngurah Rai sebagai mitra kerja sama. Menurutnya, Bandara Ngurah Rai adalah salah satu bandara terbesar di Indonesia dan paling banyak dikunjungi oleh turis Korea. “Bandara Bali dipilih sebagai bandara pertama untuk penerapan program SCI. Kami harap kerja sama ini dapat berkontribusi terhadap pemulihan trafik penumpang dan memperkuat kemitraan antara Angkasa Pura Airports dan IIAC,” tandasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*