2021 Semua Bandara Angkasa Pura I Ditargetkan Berstandar Internasional

Faik Fahmi, Direktur Utama Angkasa Pura I - bisnis.tempo.co

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) I saat ini sedang melakukan pembenahan tata kelola bandara dan berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih dan berdaya saing. Langkah tersebut dilakukan supaya semua bandar udara yang dikelola oleh AP I mendapat status bandara internasional pada 2021.

“Saat ini kita secara bertahap sedang dan terus membenahi bandara yang kita kelola sehingga target 2021 menjadikan seluruh bandara berstandar internasional bisa tercapai,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi ketika perayaan HUT AP I ke-56 tahun di Jakarta, Sabtu (22/2), seperti dilansir Antara.

Hingga kini beberapa bandara AP I yang sudah bertaraf internasional antara lain, Bandara Ahmad Yani di Semarang, Bandara Kulon Progo di Yogyakarta, serta Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin-Kalimantan Selatan. Sebagai BUMN yang bergerak di bidang transportasi udara, AP I juga berperan dalam membangun infrastruktur untuk menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia supaya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi terjangkau satu sama lain.

“Perusahaan tidak hanya dituntut untuk mencari laba saja, tapi juga harus bisa memberi manfaat nyata membangun infrastruktur untuk menghubungkan ke seluruh daerah di Indonesia,” beber Faik.

Ia juga mengakui bahwa untuk menunaikan tugas yang diberikan itu tidak mudah, terlebih usai 2019 lalu industri penerbangan mengalami frekuensi yang rendah dan kini karena merebaknya virus corona yang juga kembali berdampak terhadap penurunan frekuensi penerbangan. “Kondisi ini tidak menyurutkan perseroan untuk terus meningkatkan kinerja serta tidak berhenti membangun infrastruktur,” imbuh Faik.

PT Angkasa Pura I dipercaya mengelola 15 bandara di Indonesia, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang.

Kemudian Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura. Selain mengelola bisnis aero, AP I juga memiliki 5 anak usaha, meliputi PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Support, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*