Antisipasi Libur Panjang, Bandara Juanda Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Petugas Bandara Juanda mengecek suhu tubuh penumpang - www.lensaindonesia.com

Sidoarjo – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang yang terjadi sejak kuartal III 2020 khususnya menjelang libur panjang di akhir bulan ini, pihak Bandara Internasional Juanda Surabaya berupaya untuk memperketat penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Pemangku tugas sementara (Pts). GM Bandara Internasional Juanda, Indah Preastuty menjelaskan berbagai protokol kesehatan yang telah diterapkan di Bandara Juanda sejak awal pandemi meliputi pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scanner, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, dan pengaturan jarak di ruang tunggu. “Kami juga memasang stiker pembatas jarak antrean, membentuk tim sinergitas untuk patroli penerapan protokol kesehatan,” ujar Indah, Selasa (20/10), seperti dikutip Bisnis.

Di samping itu, manajemen Bandara Juanda juga mempersiapkan layanan rapid test di bandara sebagai salah satu syarat calon penumpang untuk naik pesawat. Layanan rapid test Covid-19 dilaksanakan oleh anak perusahaan, yaitu Angkasa Pura Supports. “Seluruh upaya tersebut selalu coba kami lakukan secara konsisten. Tentunya kami berharap hingga akhir tahun nanti baik arus pesawat, penumpang, dan barang dapat terus meningkat,” papar Indah.

Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro menambahkan, sampai saat ini calon penumpang yang hendak bepergian dengan pesawat masih diharuskan untuk membawa surat rapid test dengan hasil non-reaktif dan surat keterangan sehat dari dokter. “Sesuai ketentuan Gugus Tugas, sampai saat ini masih disyaratkan membawa hasil tes rapid non reaktif. Syarat lain seperti dokumen identitas dan tiket penerbangan, tentunya juga wajib dibawa,” jelas Yuristo.

Demi menjaga wilayah Bandara Juanda selalu steril, pihak manajemen pun selalu melakukan penyemprotan secara berkala setelah jam operasional Bandara Juanda. “Penyemprotan menggunakan cairan disinfektan bagi fasilitas juga rutin kami laksanakan selepas jam operasional,” kata Yuristo.

Tren pertumbuhan arus penumpang pesawat melalui Bandara Juanda diperkirakan akan meningkat pada kuartal IV 2020 karena ada sejumlah hari libur panjang seperti Natal dan Tahun Baru. “Kami akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan di bandara. Tujuannya untuk menumbuhkan tingkat kepercayaan atas aspek keamanan penumpang selama berada di bandara,” tandasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*