Sidoarjo – Bandara Internasional Juanda Surabaya terus berupaya memperketat pencegahan masuknya virus corona. Bahkan pihak Imigrasi Kelas 1 Surabaya dalam sepekan ini sudah menolak dan mengembalikan 5 warga negara asing (WNA) asal China, Inggris, dan Singapura lantaran mempunyai riwayat perjalanan ke China dalam kurun waktu 14 hari sebelum tiba di Bandara Juanda.

Riwayat perjalanan kelima WNA tersebut diketahui lewat stempel Imigrasi Negara China yang terdapat dalam buku paspor mereka. “Lima WNA ini kita tolak sesuai dengan aturan Permenkumham No. 3/2020, karena mereka diketahui pernah berkunjung ke negara China, dalam kurun waktu 14 hari sebelum tiba di Bandara Juanda,” kata Nanang Mustofa, Kabid TIKIM Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya, seperti dilansir Sindonews.

Tak perlu waktu lama, setelah tiba di Bandara Juanda dan melakukan proses pelaporan paspor di loket paspor Imigrasi di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Juanda Surabaya, mereka langsung dipulangkan ke negara asalnya. Nanang menjelaskan, aturan ini berlaku untuk kedatangan WNA yang pernah tinggal di China dalam kurun waktu 14 hari, baik yang pernah tinggal maupun transit saat penerbangan di China.

Nanang memberikan contoh dari kasus WNA yang hendak masuk ke Indonesia melalui Bandara Juanda kemarin. Berdasarkan data keimigrasian, WNA tersebut pernah tinggal di China pada 1 Februari 2020, oleh sebab itu ia ditolak masuk. “Hitungannya adalah 14 hari sebelum masuk wilayah Indonesia,” ujarnya. Namun bila pernah transit atau tinggal di China pada 1 Januari, maka WNA tetap diizinkan masuk. Aturan hitungan 14 hari tersebut hanya berlaku untuk WNA.

Sedangkan WNA China yang izin visa kunjungan bebasnya habis dan ingin kembali ke China akan diberi izin tinggal keadaan terpaksa. Mereka akan diberi izin tambahan tinggal dalam jangka waktu 30 hari dengan tarif pengurusan 0 rupiah atau gratis.

Sampai 7 Februari 2020 lalu kabarnya masih belum ada WNA China yang mengajukan izin tinggal dalam keadaan terpaksa di Imigrasi Juanda. Sedangkan berdasar data masuk WNA China bebas visa kunjungan dari Bandara Juanda selama Januari 2020 mencapai 1.396 orang. Ketentuan penolakan WNA yang pernah berkunjung ke China ini akan dievaluasi pada akhir Februari 2020 ini. “Kita akan evaluasi sambil menunggu instruksi dari Menteri Hukum dan Ham di Jakarta,” ucapnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *