Embarkasi Surabaya Siap Layani 16.967 Calon Jemaah Haji

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di acara pengukuhan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya - jatimprov.go.id

Surabaya – Pada musim haji tahun 2022 ini, embarkasi Surabaya akan melayani sebanyak 16.967 calon jemaah haji yang terbagi menjadi 38 kloter. Jumlah tersebut meliputi calon jamaah haji dari Bali sebanyak 318 orang, Nusa Tenggara Timur 291 orang, dan dari Provinsi Sumatra sebanyak 119 orang.

“Petugas kloter ada 152 orang. Sebelumnya, Palembang berangkat di embarkasi sendiri. Tapi karena jumlahnya tidak banyak jadi ikut embarkasi Surabaya,” kata Husnul Maram Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jatim, Rabu (25/5), seperti dilansir dari Suarasurabaya.

“Sesuai rencana perjalanan haji (RPH) Tahun 1443H/2022M, kloter pertama akan masuk asrama haji mulai tanggal 3 Juni 2022, terbang ke Arab Saudi tanggal 4 Juni 2022 dan kloter terakhir akan berangkat ke Arab Saudi tanggal 2 Juli 2022. Sedangkan wukuf di Arafah pada hari Jumat, tanggal 8 Juli 2022,” imbuh Husnul.

“Untuk bimbingan manasik jemaah calon haji dilakukan sebanyak enam kali. Dua kali di tingkat kabupaten/kota dan empat kali di tingkat kecamatan. Sedangkan untuk kedatangan awal jemaah haji ke Tanah Air nanti akan berlangsung mulai 15 Juli 2022, dan kloter terakhir tanggal 14 Agustus 2022. Kita berharap semoga seluruh rangkaian tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti,” katanya.

Awal operasional haji dimulai pada Jumat (3/6). Hari itu kloter pertama yang masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya adalah jemaah dari Kabupaten Tuban. “Seluruh panitia sudah siap di asrama haji pada hari Kamis. Tanggal 2 Juni 2022 yang diawali dengan kegiatan malam taaruf dan penjelasan tupoksi masing-masing unit kerja panitia,” beber Husnul.

Sementara itu, pengurusan paspor sudah beres 100% sejak 2 tahun yang lalu dan pengurusan visa masih dalam proses. “Pengurusan visa masih dalam proses. Kloter awal kami dahulukan supaya segera diterbitkan pihak Saudi Arabia untuk mendapatkan visa itu. Insya Allah dalam waktu kurang dari satu minggu ke depan sudah selesai,” tegasnya.

Sedangkan, sebanyak 23 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya telah dikukuhkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Sebanyak 23 PPIH berasal dari lintas sektor, mulai dari Pemprov Jatim, Dinkes Jatim, Polrestabes, UPT Asrama haji, Kantor Otoritas Bandara Juanda, Angkasa Pura I Bandara Juanda, dan lain-lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*