Jakarta – Maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) Lion Air akhirnya menaati kebijakan pemerintah terkait penyediaan diskon tarif tiket pesawat untuk rute domestik hingga 50% pada periode waktu tertentu. Sebelumnya Lion Air mengaku terhambat oleh kendala teknis sehingga penerapan promo diskon tersebut terlambat dari jadwal yang ditetapkan seharusnya sejak Kamis (11/7) lalu.

Penerapan harga tiket pesawat murah ini sudah terlihat lewat Online Travel Agent (OTA). Besaran diskon yang diterapkan oleh Lion Air bervariasi, mulai dari 20% hingga 50%. Misalnya saja untuk Selasa (30/7), Lion Air sudah menerapkan diskon harga tiket pesawat untuk penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang ke Bandara Internasional Juanda, Surabaya untuk jadwal keberangkatan pukul 11.20-12.50 WIB. Tarif tiket yang tadinya Rp 840 ribu kini dipatok hanya Rp 615 ribu.

Diskon tiket ini pun diterapkan untuk penerbangan daerah menuju Jakarta. Misalnya untuk penerbangan Lion Air dari Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar (UPG) menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta (CGK) hanya di banderol Rp 925 ribu dari harga normal sebesar Rp 1,3 juta untuk penerbangan jam 13.25-14.45 WITA.

Setelah rapat membahas penurunan tarif tiket pesawat di Kemenko Perekonomian pada Senin (22/7), pendiri Lion Air Group Rusdi Kirana mengaku baru dapat menaati kebijakan tarif tiket khusus tersebut mulai Rabu (24/7) lalu. Alasannya karena terkendala oleh sistem reservasi. “Memang kita mintanya Rabu ini kan. Kan sistemnya harus perlu disesuaikan,” ungkap Rusdi, seperti dilansir Jawa Pos.

Sementara itu, rute penerbangan tersebut hanya 2 dari 146 rute yang hendak disediakan oleh Lion Air. Dari 146 rute tersebut, jumlah kursi yang akan disediakan oleh maskapai satu ini mencapai 30% atau sebanyak 8.282 kursi per hari. Sebelum Lion Air yang menerapkan program ini, maskapai Citilink telah lebih dulu menurunkan tarif tiket pesawatnya. Setidaknya terdapat sekitar 62 flight dengan total kursi sebanyak 3.348 penumpang per hari pada masa periode kebijakan tiket murah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *