Menkes Imbau Penumpang di Bandara Juanda Ajak Keluarga untuk Vaksin Covid-19

Ilustrasi : Seseorang sedang vaksin - sindonews.com
Ilustrasi : Seseorang sedang vaksin - sindonews.com

Sidoarjo – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengunjungi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, pada Kamis (7/7). Dalam kunjungannya tersebut, Menkes Budi sekaligus mengimbau para penumpang di Bandara Juanda untuk mengajak keluarga divaksinasi Covid-19.

“Tolong ajak keluarga di rumah yang belum divaksinasi untuk divaksin segera,” kata Budi Gunadi, seperti dilansir dari Beritasatu. Lebih lanjut Budi menyampaikan, vaksinasi Covid-19 dapat mengurangi risiko keparahan jika terinfeksi virus Covid-19. Selain itu, vaksin dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menciptakan kekebalan imunitas.

“Jadi, orang tua, nenek, kakek, dan keluarga lain di rumah segera ajak mereka untuk divaksinasi. Vaksinasi bisa didapat di fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas atau sentra vaksinasi di masing-masing wilayah,” tutur Budi pada penerima vaksin di Bandara Juanda.

Sebagai informasi, pelaksanaan vaksinasi di Bandara Juanda diadakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya. “Kali ini pemberian vaksinasi booster saja yang diberikan bagi penumpang pesawat dan pegawai bandara,” papar salah seorang petugas KKP Kelas I Surabaya. Adapun jenis vaksin booster atau dosis ketiga yang diberikan adalah vaksin Moderna. Pelayanan vaksinasi tersebut akan terus dilaksanakan selama persediaan vaksin masih ada.

Sampai saat ini, aturan perjalanan udara yang berlaku di 15 bandar udara kelolaan Angkasa Pura I, termasuk Bandara Juanda masih mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 56 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Ada juga Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 58 Tahun 2022 tentang Petunjuk Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 yang efektif berlaku sejak Rabu, 18 Mei 2022 lalu.

“Sejauh ini operasional penerbangan dan pelayanan di bandara kelolaan kami masih tetap berjalan dengan pemberlakuan protokol kesehatan sesuai aturan, begitu pula dengan pergerakan penumpang yang masih normal,” ungkap Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), Selasa (5/7).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*