Ada Kendala Teknis, Pesawat Citilink Rute Surabaya-Makassar Kembali ke Bandara Juanda

Maskapai Citilink - pinterpoin.com

Jakarta – Pesawat Citilink bernomor penerbangan QC 350 tujuan Surabaya-Makassar terpaksa kembali (return to base/RTB) ke Bandara Internasional Juanda usai terbang sekitar 10 menit pada Rabu (21/9) kemarin. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh pihak PT Angkasa Pura (AP) I Cabang Bandara Juanda.

“Betul ada laporan pesawat mengalami kendala,” kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Surabaya Yuristo Ardi Hanggoro, seperti dilansir dari Okezone. “Pesawat take off pukul 09.41 WIB setelah itu fire station atau rekan-rekan Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) menerima info dari tower kira-kira pukul 09.47 WIB ada permintaan Return To Base (RTB) karena pesawat mengalami kendala teknis,” sambungnya.

Yuristo menambahkan, pesawat tersebut akhirnya kembali mendarat di Bandara Juanda. Kemudian, sebanyak 111 penumpang pesawat Citilink QG350 diberangkatkan lagi dengan pesawat lain yang bernomor penerbangan QG601. “Para penumpang kembali ke terminal dan telah diterbangkan kembali pada pukul 11.15 WIB,” kata Yuristo.

Sementara itu, VP Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia Diah Suryani Indriastuti menjelaskan bahwa pesawat bernomor QG 350 rute Surabaya ke Makassar kembali ke Surabaya pukul 10.00 WIB atau sekitar 30 menit usai lepas landas pukul 09.30. Diah menegaskan bahwa pesawat Citilink mengalami kendala teknis, sehingga memerlukan pengecekan.

“Citilink melakukan langkah yang diperlukan yaitu dengan segera mengganti pesawat tersebut dengan pesawat pengganti sesuai dengan prosedur yang berlaku,” papar Diah. Usai armada pesawat diganti, penumpang QG 350 kembali diberangkatkan ke Makassar pada pukul 11.37 WIB dan mendarat dengan selamat di Makassar pukul 14.16 WITA.

Lebih lanjut Diah mengungkapkan, Citilink melakukan prosedur delay management dengan memberi kompensasi berupa makanan ringan pada seluruh penumpang pesawat yang terdampak. Kompensasi tersebut diberikan di tempat tujuan. “Kami manajemen Citilink memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi,” ungkapnya.

Ia menuturkan, Citilink senantiasa mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan. Oleh sebab itu, pihak maskapai selalu berupaya sejak dini untuk mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*