SURABAYA/SUMENEP – Otoritas Bandara Trunojoyo mengusulkan penambahan frekuensi penerbangan rute Sumenep-Pulau Pagerungan dari semula satu kali seminggu menjadi dua kali sepekan karena tingginya animo masyarakat yang memanfaatkan jalur tersebut. Untuk mewujudkan rencana tersebut, salah satu opsi yang dipilih adalah mengurangi frekuensi penerbangan Surabaya-Bawean.

“Sesuai data di bandara, animo masyarakat terhadap penerbangan pesawat perintis di jalur Sumenep-Pagerungan sangat tinggi,” papar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Penerbangan Perintis Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Dimas Maharanto. “Setiap penerbangan selalu full seat. Bulan ini, dalam lima kali penerbangan, hampir semua tiket sudah dipesan.”

Dimas menjelaskan, penerbangan rute Sumenep-Pagerungan itu merupakan satu paket dengan rute Surabaya-Bawean (Gresik) dan Bawean-Sumenep. Jadi, untuk menambah frekuensi penerbangan, salah satu konsekuensinya adalah mengalihkan rute lain. “Opsinya mengurangi frekuensi penerbangan di rute Surabaya-Bawean yang dijadwalkan 4 kali satu minggu, dialihkan ke Sumenep-Pagerungan sehingga menjadi dua kali dalam seminggu,” sambung Dimas.

“Kami juga berencana mengirimkan surat kepada pihak terkait di Kementerian Perhubungan sebagai permohonan resmi agar ada penambahan frekuensi penerbangan,” tambah Dimas. “Namun, keputusannya ada di Kementerian Perhubungan. Upaya kami sebatas mengusulkan. Meskipun demikian, sangat memungkinkan disetujui pemerintah pusat. Sebab, animo masyarakat untuk menggunakan transportasi udara ini luar biasa.”

Berdasarkan data di Bandara Trunojoyo Sumenep, jadwal penerbangan Sumenep–Pagerungan 1 Januari penuh. Jadwal keberangkatan 8 Januari juga sudah dipesan keseluruhan oleh calon penumpang. Tanggal 15 Januari sudah dipesan 9 orang. Sementara, keberangkatan pada 22 Januari, hingga saat ini tiket sudah dipesan oleh 3 calon penumpang.

Seperti diketahui, layanan penerbangan Sumenep-Pagerungan pada tahun 2020 ini kembali dioperasikan oleh maskapai Susi Air. Pesawat jenis Cessna Caravan berkapasitas 12 penumpang sudah mulai melakukan penerbangan perdana sejak tanggal 1 Januari kemarin. Susi Air kembali melayani rute Sumenep–Pagerungan setelah ditetapkan sebagai pemenang lelang penerbangan perintis Kementerian Perhubungan 2020.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *