MAJALENGKA/SURABAYA – Anak usaha Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, baru saja mengumumkan akan membuka penerbangan umrah Surabaya-Jeddah dari Bandara Internasional Juanda. Namun, sebelum rute tersebut meluncur, ternyata maskapai sudah resmi mengoperasikan rute ke Bandara Internasional King Abdul Aziz via Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati.

Penerbangan rute Kertajati-Jeddah ini resmi beroperasi pada Rabu (8/1) lalu. Pesawat bertolak dari Bandara Internasional Jawa Barat menggunakan pesawat Airbus A320 NEO dengan nomor penerbangan QG 530 pada pukul 10.00 WIB dan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz pada pukul 19.00 waktu setempat. Maskapai menjadwalkan rute Kertajati-Jeddah untuk kembali beroperasi pada tanggal 15 Januari mendatang.

“Penerbangan ini diwujudkan sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap program pemerintah Republik Indonesia yang telah menetapkan Bandara Kertajati, sebagai bandara embarkasi/debarkasi haji tahun 2020 untuk jamaah asal provinsi Jawa Barat,” ujar Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra. “Terima kasih kepada para pihak terkait yang telah mendukung Citilink Indonesia dalam melaksanakan penerbangan rute Kertajati-Jeddah ini, kami berharap akan semakin banyak segmen jamaah umrah yang dapat terakomodasi.”

Sebelumnya, pada tanggal 6 Januari lalu, maskapai mengumumkan akan membuka rute penerbangan langsung Surabaya-Jeddah. Penerbangan dari Bandara Internasional Juanda ini menurut rencana beroperasi mulai tanggal 26 Januari 2020 mendatang, dengan frekuensi sebanyak tiga kali seminggu, menggunakan pesawat Airbus A330-900 NEO.

“Penerbangan ini untuk menarik pasar menengah ke bawah, karena paket tarif yang disediakan khusus. Beda dengan Garuda Indonesia yang menyasar pasar menengah ke atas,” papar Senior Manager Carter dan Internasional Flight Citilink, Muhammad Agung Hartono. “Untuk layanan ini, kami akan menggunakan pesawat baru Airbus A330 -900 NEO dengan jadwal penerbangan tiga kali seminggu, yakni pada hari Selasa, Kamis dan Minggu, pukul 16.00 WIB.”

Lewat layanan ini, perusahaan yang juga merupakan anak usaha Garuda Indonesia, yaitu Garuda Indonesia Holidays dan Aerohajj, akan bertindak sebagai agen travel dan memberikan layanan umrah murah dengan harga mulai Rp19 juta. Rute direct Surabaya-Jeddah juga diharapkan bisa jadi alternatif pilihan untuk warga yang hendak beribadah umroh dari Surabaya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *